Proyek Ambisius Walikota Pekanbaru Di Tenayan Raya Akhirnya Dihentikan

Dibaca: 17864 kali  Rabu,07 September 2016
Proyek Ambisius Walikota Pekanbaru Di Tenayan Raya Akhirnya Dihentikan
Ket Foto : Bangunan Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya masih dalam tahap pengerjaan, Kamis (28/7/2016)

RADARPEKANBARU.COM- Pembangunan Perkantoran Pemko Pekanbaru di Tenayan Raya akhirnya dihentikan. Mega proyek tersebut terpaksa dihentikan akibat minimnya anggaran Pemerintah Kota Pekanbaru.

Dinas Cipta Karya Kota Pekanbaru mengklaim hingga saat ini proses pembangunan fisik di perkantoran tersebut baru mencapai 56 persen.

"Pembangunan komplek perkantoran terpadu di Tenayan Raya kita hentikan, karena kondisi ekonomi nasional saat ini menimpa semua daerah termasuk Kota Pekanbaru," kata Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Pemukiman, Syafril, Selasa (6/9/2016).

Sementara untuk kelanjutan pembangunan perkantoran tersebut diperkirakan baru akan dilanjutkan kembali tahun depan. Dengan menganggarakan pada Anggaran Pendapatan dan Belnaja Daerah tahun 2017.

Kondisi tersebut membuat target penyelesaian perkantoran akhir 2016 ini dipastikan tidak akan bisa terealisasi.

Meski proyek tersebut tidak bisa dilanjutkan pembangunanya tahun ini, Syafril enggan disalahkan. Dirinya menyebut kasus ini terjadi bukan akibat kesalahan pihaknya namun akibat keterbatasan anggaran.

"Kalau anggaran ada tapi dihentikan, itu baru salah,"imbuhnya.

Sebelumnya Walikota Pekanbaru Firdaus mengadang-gdangkan jika proyek pembangunan perkantoran tersebut dilakukan untuk meratakan pembangunan di Kota Bertuah.

Komplek perkantoran terpadu tersebut dibangun di atas lahan seluas 1.000 hektar, di kawasan yang sama juga akan dibangun Markas Polisi Daerah (Mapolda) Riau dengan luas lahan 10 hektar. Sesuai konsepnya, komplek perkantoran akan menyatu dengan Kawasan Industri Tenayan(KIT) dengan lahan seluas 3 ribu hektar.

Selain perkantoran terpadu dan kawasan industri, di kawasan yang sama akan dilakukan penataan kawasan wisata alam, dan aliran sungai yang nantinya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar.

"20 tahun lagi, kawasan ini akan menjadi kawasan paling maju dan investor akan berlomba-lomba berinvestasi di Pekanbaru. Dengan demikian, Pekanbaru akan menjadi kota yang paling maju di Indonesia," kata Firdaus beberapa waktu lalu. (radarpku/tribunpku)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »