Kapolri: Tangkap dan Proses Pelaku Pembakar Lahan

Dibaca: 12729 kali  Selasa,30 Agustus 2016
Kapolri: Tangkap dan Proses Pelaku Pembakar Lahan
Ket Foto : Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian saat mengunjungi lokasi kebakaran lahan di Rimbo Panjang, Kab Kampar, Riau, Senin (29/8/2016).

RADARPEKANBARU.COM - Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian memerintahkan jajarannya untuk menangkap pelaku pembakar lahan. Termasuk bila ada korporasi yang ikut terlibat.

"Kalau ada yang bakar, ya tangkap dan proses saja," kata Tito saat mengunjungi lokasi kebakaran lahan di Rimbo Panjang, Kab Kampar, Riau, Senin (29/8/2016).

Tito menyebutkan kedatanganya ke Riau untuk mengecek langsung kondisi kebakaran lahan yang terjadi saat ini. Dari melihat kondisi tersebut, Tito menyadari bahwa medan yang terbakar sangat sulit untuk dilalui kendaraan terutama roda empat.

"Setelah saya lihat kondisinya, kita akan melakukan penambahan armada karena medannya yang sulit dijangkau," katanya.

Selain itu, peralatan perseorangan yang bisa digendong juga perlu dilakukan. Sehingga jika ada medan yang sulit dijangkau kendaraan, peralatan bisa dibawa masing-masing personel di lapangan.

Dalam penanganan Karhutla, kata Tito, masih ada problem di lapangan mana yang harus didukung pusat maupun lokal.

"Nanti mana yang harus mendapat dukungan pusat, akan kita sampaikan kepimpinan. Karena Presiden sudah menegaskan agar TNI/Polri, KLH dan semua pihak untuk menuntaskan masalah ini. Jadi dukungan soal peralatan di lapangan nanti akan kita diskusikan di pusat," kata Tito.

Terkait jika ada perusahaan membakar lahan, lanjut Tito, pihaknya juga akan memprosesnya.

"Saya sudah sampaikan ke Kapolda Riau, kalau ada korporasi harus ditindak tegas dan dituntaskan. Nantinya akan kita diskusikan mana yang harus ditangani pihak Mabes Polri mana yang ditangani Polda Riau," kata Tito.

Dia menyebutkan, besok pagi masih akan berkordinasi dengan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Danrem Brigjen Nurendi dan serta sejumlah Satgas lainnya. Ini untuk menambah masukan terkait penanganan Karhutla.

"Besok saya masih di sini. Kita koordinasi dengan Pak Gubernur dan Komandan Satgas Karhutla," tutupnya. (dtc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »