Gelar Rapat Paripurna, DPRD Pekanbaru Bahas Perubahan Ranperda Menjadi Perda

Dibaca: 15960 kali  Selasa,09 Agustus 2016
Gelar Rapat Paripurna, DPRD Pekanbaru Bahas Perubahan Ranperda Menjadi Perda
Ket Foto : Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi dan Istri

RADARPEKANBARU.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengadakan rapat paripurna dengan agenda penyampaian Rancangan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah yang baru.

"Ranperda ini nantinya disahkan menjadi Perda bertujuan mengatur perangkat daerah. Karena sistemnya sudah ada dan semua disediakan oleh pemerintah pusat," kata Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi di Pekanbaru, Senin.

Ayat Cahyadi dalam penyampaian Ranperda  mengatakan pembentukan ini  sesuai amanah Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan peraturan pemerintahan terbaru tentang perangkat daerah di mana pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota.

"Semua daerah harus segera melakukan perubahan dan mengikuti peraturan permerintah tersebut," tegasnya.

Selanjutnya sebut Ayat Pemko hanya menyediakan data yang akan diinput ke sistem kemudian dari informasi tersebut akan ditentukan tipe.

"Nanti keluarlah skor dan barulah terbit tipe SOTK baru mulai dari A, B, dan C," kata Ayat Cahyadi lagi.

Lebih lanjut, Ayat Cahyadi menyampaikan, nantinya di dalam pemerintahan daerah Kota Pekanbaru terdapat Badan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan kecamatan dengan tipe A dan B tergantung skornya nanti.

"Mudah-mudahan Ranperda ini dapat dibahas dan disetujui oleh DPRD dan berharap antara legislatif dan eksekutif dapat berjalan dengan baik untuk kemajuan Kota Pekanbaru," katanya menegaskan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sahril mengatakan, pihaknya akan segera melaksanakan pembahasan terhadap Ranperda ini, karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru 2017 sudah masuk.

"Kalau dinasnya sudah ada dan anggarannya bisa segera dianggarkan," katanya.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sahri SH, didampingi oleh Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, dihadiri anggota DPRD Kota Pekanbaru, Forkopimda, SKPD, dan camat se-Kota Pekanbaru.(ant)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »