Walaupun Berdarah Minang, Namun Arsyadjuliandi Rachman Sangat Komit Melestarikan Budaya Melayu

Dibaca: 37883 kali  Sabtu,16 Juli 2016
Walaupun Berdarah Minang, Namun Arsyadjuliandi Rachman Sangat Komit Melestarikan Budaya Melayu
Ket Foto : Majelis Kerapatan Adat Melayu Riau, OK Nizami Jamil (kanan) menepungtawari Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, di Gedung LAM Riau, Jumat (27/5) beberapa waktu yang lalu

RADARPEKANBARU.COM -  Berbicara komitmen terhadap melestarikan Budya Melayu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman tidak di ragukan lagi. Walaupun ia adalah putra berdarah minang , namun ia dan keluarga sudah lama mengabdikan diri di Bumi Lancang Kuning Riau.

 
Pria yang akrab di Panggil Andi Rachman ini menyebutkan masyarakat harus terus melestarikan tari zapin api yang merupakan tari tradisional dari desa Teluk Ruh Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.
 
"Ini perlu diturunkan ke generasi kita,  dilestarikan," kata Arsyadjuliandi Rachman usai menyaksikan tari Zapin Api di Pulau Rupat Utara Kabupaten Bengkalis, Jumat (16/7) malam.
 
Pertunjukan Zapin Api merupakan salah satu rangkaian Festival pantai Rupat 2016, orang nomor satu di Riau ini mengapresiasi penampilan para pemain yang dinilainya cukup bagus namun perlu ditingkatkan kedepannya. Tampak sesekali ia dan istri, menunjukkan ekspresi tegang ketika para pemain meloncat di tengah api yang berkobar.
Tarian zapin api hadir ditengah masyarakat melayu sebagai tradisi yang terus dilestarikan turun temurun. Tarian ini sarat akan mistik  mengharuskan para penarinya untuk bergoyang ditengah bara api. Namun begitu, mereka tidak merasa panas dan tidak melukai para penari.
 
Menurut warga desa Teluk, Ina Tarian ini dimainkan dengan gendang kompang atau alat disebut alat musik rebana dengan petikan dawai gambus, irama tabuhan begitu bagus dan dinamis sehingga menambah meriah pergelaran di tepi pantai pulau Rupat tersebut.
 
"setiap tahun selalu di gelar biasanya yang datang juga dari luar desa, " sebutnya.
     
Rombongan Andi Rachman, begitu sapaan akrab Gubri, tiba di Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara didampingi oleh istri Silsilita, Asisten I Sekda Provinsi Riau Ahmadsyah Harrofie,  Kepala Dinas pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Fahmizal, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah Riau Ismaili Fauzi,  Bupati Bengkalis Amril Muminin kepala Biro Humas Darusman beserta jajaran Pemprov Riau dan insan pers.
  
Rombongan Gubernur tiba pada pukul 22. 30 WIB Jumat,  setelah bertolak dari Pekanbaru pada pukul16.30 WiB. Untuk Menempuh Pantai Sendiri menempuh jarak 2.5 jam dari pelabuhan. (ant)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »