Libur Idul Fitri 1437 H, Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Berangkatkan 3.578 Pemudik

Dibaca: 13519 kali  Rabu,06 Juli 2016
Libur Idul Fitri 1437 H, Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Berangkatkan 3.578 Pemudik
Ket Foto : Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru

RADARPEKANBARU.COM - Pengelola Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru memberangkatkan 3.578 orang pemudik sejak H-7 hingga H-2 Lebaran 2016 menuju sejumlah daerah di wilayah pesisir Provinsi Riau demi merayakan Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Mulai H-7 hingga H-2 kemarin, kami telah memberangkatkan total 3.578 orang. Sedangkan pemudik yang tiba berjumlah 2.514 orang," kata Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Pelabuhan Sungai Duku Dishubkominfo Kota Pekanbaru, Joniansyah di Pekanbaru, Selasa (5/7).

Dia mengatakan puncak arus mudik angkutan transportasi sungai di pelabuhan itu terjadi pada H-4 atau Sabtu (2/7) pekan lalu dengan jumlah penumpang diberangkatakan 848 orang pemudik dan penumpang tiba 598 orang.

Pemudik tersebut dilayani oleh sekitar 10 unit kapal motor cepat terbuat dari fiber dengan kapasitas 100 kursi penumpang, melayani tiga tujuan pelayaran masing-masing rute Pekanbaru-Selat Panjang pergi pulang tujuhvkali dalam sehari.

Lalu pelayaran rute Pekanbaru-Siak pergi pulang dilayani oleh dua kali dalam sehari dan tujuan Pekanbaru-Bengkalis pergi pulang dilayani  sekali dalam satu hari.

Satu-satunya tujuan pelayaran Pekanbaru-Selat Panjang pergi pulang dilayani tiga kali dalam sepekan setiap Selasa, Kamis dan Sabtu, masih mampu bertahan hingga kini dengan pengoperasian lambung kapal terbuat dari kayu KM Jelatik Express kapasitas 200 penumpang.

"Kan hari ini, kapal Jelatik tidak berangkat lagi. Jadi, jumlah penumpang paling sekitar 600 orang pemudik atau sesuai kapasiatas kursi tersedia di kapal. Kalau misalnya ditambah, Jelatik bisa jadi 800 orang," katanya

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Provinsi Riau tahun 2015 menyebut, penumpang angkutan sungai saat Lebaran tahun lalu turun 38,36 persen atau dari 171.232 orang pada 2014 menjadi 105.540 orang.

"Bila hari ini, jumlah pemudik pasti turun. Tidak sebanyak penumpang menumpangi kapal cepat pada H-4 Lebaran. Hari Sabtu pekan lalu, itu lah puncaknya, kalau hari ini dibawah itu sedikit. Itu prediksi kami," beber Joniansyah.

Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Sungai Duku, Mastur mengaku, baik aktivitas keberangkatan maupun kedatangan kapal penumpang di pelabuhan setempat, sudah mulai terlihat berkurang karena masa puncaknya telah berlalu.

"Meski masa puncaknya terjadi pekan kemarin, tapi jumlah kapal tidak ditambah. Termasuk harga tiket, masih sesuai dengan tarif normal," katanya.(ant/radarpku)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »