Penjagaan Pintu Penumpang Pelabuhan Dumai Diperketat

Dibaca: 19131 kali  Sabtu,02 Juli 2016
Penjagaan Pintu Penumpang Pelabuhan Dumai Diperketat
Ket Foto : Penumpang asal luar negeri tiba di Pelabuhan Laut Internasional Kota Dumai, Dumai, Riau. (Antara/Aswaddy Hamid)

RADARPEKANBARU.COM - Penjagaan di pintu masuk dan keluar Terminal Penumpang Internasional Pelabuhan Pelindo Cabang Dumai, Provinsi Riau, diperketat selama penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun ini dengan menambah jumlah petugas jaga.

Kepala Seksi Pelayanan Kantor Imigrasi Dumai Gelora Ginting di Dumai, Rabu (29/6), menyebutkan, penjagaan di pintu masuk keluar penumpang internasional ini bertujuan menciptakan kenyamanan dan ketertiban arus penumpang datang berangkat.

"Petugas jaga di pintu kedatangan dan keberangkatan penumpang internasional ditambah untuk mengawal dan menjaga ketertiban dan kelancaran arus mudik lebaran," kata Gelora.

Peningkatan penjagaan TPI Pelabuhan ini juga akan memeriksa dan mewawancara penumpang terkait masa berlaku paspor, kondisi dokumen, tujuan dan tiket pulang atau berangkat.

Selain itu, pihak Imigrasi juga mewaspadai kedatangan dan keberangkatan penumpang yang terdaftar dalam daftar cegah tangkal yang dikeluarkan Imigrasi Pusat agar tidak lolos pengawasan petugas.

Disamping itu, jelang lebaran 1437 Hijriah ini, permohonan paspor mengalami peningkatan hampir 50 persen, dari biasa hanya 30 lembar perhari, kini menjadi sekitar 50 lembar.

Menurutnya, lonjakan permintaan pembuatan paspor ini sebagian besar merupakan pemohon berasal dari keluarga yang akan membawa anak berliburan sekolah dan lebaran ke luar negeri.

"Masyarakat yang mengurus paspor ini kebanyakan anak anak karena akan dibawa orangtua liburan ke luar negeri," jelasnya.

Peningkatan paspor ini diakui dia mulai terjadi sejak awal Ramadhan kemarin karena liburan sekolah sebulan penuh bersamaan dengan masuknya bulan puasa dan menyusul perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah.(radarpku)

/CAH

ANTARA
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »