Dampak Negatif Referendum Inggris Bisa Diredam Pasar Modal Indonesia

Dibaca: 11909 kali  Minggu,26 Juni 2016
Dampak Negatif Referendum Inggris Bisa Diredam Pasar Modal Indonesia
Ket Foto : Ilustrasi IHSG, Bursa Efek Indonesia (Beritasatu.com/Hafiz Sezario)

RADARPEKANBARU.COM-Sentimen negatif dari perkembangan perekonomian dunia, khususnya di Eropa terkait referendum di Inggris pada hari terakhir jelang libur akhir pekan mempengaruhi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di sepanjang periode 20 hingga 24 Juni 2016. Meski demikian, daya tahan perekonomian Indonesia terhadap krisis membuat sentimen negatif tersebut sedikit teredam dampaknya terhadap laju IHSG di sepanjang pekan ini.

Keterangan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu (25/6) mennyebutkan, pergerakan IHSG pada pekan ini hanya mengalami perubahan tipis 0,01 persen ke posisi 4.834,57 jika dibandingkan penutupan di pekan sebelumnya yang berada di level 4.835,14. Selain itu, kapitalisasi pasar BEI di sepanjang pekan ini justru mampu meningkat menjadi Rp 5.187,53 triliun dari Rp 5,172.39 triliun di akhir pekan sebelumnya.

Rata-rata nilai transaksi harian di Bursa Efek Indonesia (BEI) pekan ini juga mengalami kenaikan signifikan 22,44 persen menjadi Rp 6,11 triliun dari Rp 4,99 triliun di akhir pekan lalu. Rata-rata volume transaksi harian mengalami kenaikan 11,25 persen dan rata-rata frekuensi harian naik 19,83 persen.

BEI juga menyebutkan, investor asing di sepanjang perdagangan pekan ini mencatatkan beli bersih di pasar modal Indonesia dengan nilai Rp 1,44 triliun. Secara tahunan, aliran dana investor asing di pasar saham masih tercatat beli bersih dengan nilai Rp 8,08 triliun.

Di sisi lain, sepanjang pekan ini PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai penyelenggara perdagangan pasar modal Indonesia terus aktif menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal kepada masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan minggu ini, yaitu Sekolah Pasar Modal Reguler Level 1 dan 2 di Kantor Perwakilan (KP) Yogyakarta, Buka Bersama Anggota Bursa dan Galeri Investasi BEI di Hotel Tangram Pekanbaru, Gathering Investor Muda Club di BEI KP Riau, Sharing Session dan Buka Puasa Bersama Kelompok Studi Pasar Modal Se-Kota Jambi, Sosialisasi Pasar Modal Kepada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, serta Forum Calon Investor dan Sosialisasi Yuk Nabung Saham di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Kanwil Sulawesi Utara.

Pada minggu ini, terdapat beberapa undangan yang dipenuhi oleh stakeholders BEI dalam membuka perdagangan di Main Hall, BEI, yaitu, PT Metropolitan Land Tbk pada Senin (20/6), CEO Forum pada Selasa (21/6), PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) pada Rabu (22/6), PT Media Nusantara Citra Tbk pada Kamis (23/6), dan PT Acset Indonusa Tbk pada Jumat (24/6).(radarpku)

Paulus Nitbani/PCN

BeritaSatu.com
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »