Ulah PT MIG, Pemko Kerahkan Satpol PP Pekanbaru Sweeping Tumpukan Sampah

Dibaca: 19433 kali  Rabu,22 Juni 2016
Ulah PT MIG, Pemko Kerahkan Satpol PP Pekanbaru Sweeping Tumpukan Sampah
Ket Foto : Pemko Pekanbaru kerahkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru (Ilustrasi)

RADARPEKANBARU.COM-Ulah PT MIG yang tak mampu menjalankan kewajiannya , akirnya Pemko Pekanbaru kerahkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, melakukan sweeping terhadap tumpukan sampah.

"Kami turut andil dalam penanganan sampah yang akhir-akhir ini menumpuk di sejumlah sudut Kota Pekanbaru," kata Kepala Badan Satpol PP Zoel Fahmi Adrian di Pekanbaru, Selasa.

Adrian mengatakan, selain pengamanan masyarakat, pihaknya sudah dimintakan Walikota ikut dalam tim penanggulangan sampah saat ini.

Hal ini dilakukannya, katanya, mengingat kondisi tumpukan sampah peninggalan wanprestasi PT Multi Inti Guna (MIG) sudah mengundang keresahan masyarakat.

"Sebagai perangkat dibawah Komando Walikota Pekanbaru, satuan polisi pamong praja juga miliki tanggungjawab dan harus terlibat dalam menjadikan Pekanbaru bersih terbebas dari tumpukan sampah," terang Adrian.

Menurut dia, tim Pol PP akan turut membantu Pemko Pekanbaru keliling dan melihat di wilayah mana saja ada Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang sampahnya masih belum diangkut.

Satpol PP juga patroli untuk menemukan lokasi baru yang dijadikan TPS dadakan oleh masyarakat selama dua pekan terakhir akibat kepanikan juga akan dilaporkan agar diangkut.

"Nanti jika ada temuan maka akan langsung dilaporkan ke Satker teknis dibawah komando Sekdako," tegasnya.

Dengan demikian selanjutnya tim pengangkutan bisa langsung bergerak cepat menuju lokasi untuk pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Dengan begitu, bisa cepat menginforasikan untuk segera di tangani," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Pekanbaru Firdaus sudah menunjuk koordinator langsung penanggulangan sampah di Pekanbaru, yakni Sekretaris Daerah M Noer.

Menindaklanjuti Instruksi Walikota tersebut,  bahkan tim dibawah pimpinan Sekda langsung menggelar rapat untuk mengendalikan penanganan sampah bersama Plt Asisten III Azharisman Rozie, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Edwin, Kadis PU CK Syafril, Kasatpol PP Zoelfahmi Adrian, Plt Kepala BPKAD Alek Kurniawan, serta seluruh Camat se-Kota Pekanbaru.

"Penanganan sampah langsung saya koordinir bersama Asisten III," tegas M Noer.

Selanjutnya sebut M Noer untuk mengefektifkan pengangkutan sesuai wilayah dan kemampuan, ia membagi tugas berdasarkan kecamatan.

M Noer menerangkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) akan difokuskan pada penanganan sampah diempat kecamatan.

"Empat kecamatan tersebut memang sejak awal menjadi tanggungjawab DKP yaitu Bukitraya, Tenayan Raya, Rumbai dan Rumbai Pesisir," kata M Noer.

Kemudian untuk delapan kecamatan lainnya akan diambil alih penanganannya oleh tim yang dibawah bentukan Sekda.

"Kami bentuk tim khusus. Penanganan sampah ini akan kami mulai malam ini juga," tegas M Noer.

Ia menambahkan untuk penanggulangan masalah sampah di Pekanbaru pihaknya akan melibatkan sejumlah satker teknis, termasuk camat dan lurah harus aktif melakukan pemantauan serta memberikan informasi yang akurat kepada tim melalui Asisten III atau langsung ke Sekda tentang titik sampah di daerah masing-masing.

"Sudah ditangani atau belum ditangani. Selain komunikasi handphone kita juga akan lakukan komunikasi grup whatsapp. Ingat, malam ini sudah mulai," tegas Sekda lagi.(radarpku)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »