Distanak: Rohil Tak Butuh Daging Impor, Cukup dari Peternak Lokal

Dibaca: 16713 kali  Minggu,19 Juni 2016
Distanak: Rohil Tak Butuh Daging Impor, Cukup dari Peternak Lokal
Ket Foto : Kepala Distanak Rohil Muslim

RADARPEKANBARU.COM - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mengklaim untuk memenuhi kebutuhan daging sapi masyarakat selama Ramadan dan Lebaran mendatang cukup dari peternak lokal dan tidak perlu impor dari daerah lain.
     
"Saya pastikan kebutuhan daging buat masyarakat cukup sampai lebaran dan kita penuhi kebutuhan itu dari peternak lokal di Rohil," kata Kepala Distanak Rohil Muslim, di Bagansiapiapi, Minggu.
     
Kondisi ini berbeda dengan kebutuhan daging saat Idul Adha, dimana sapi kerbau dan kambing dikhususkan buat kurban.
     
"Kalau untuk daerah potensi ternak di Rohil cukup banyak seperti di Kecamatan Bagan Sinembah, Rimba Melintang Pujud, Tanah Putih dan Bangko Pusako. Makanya dipastikan tidak membutuhkan daging impor atau pasokan dari luar daerah," ujarnya.
     
Dengan terpenuhinya daging sapi, kerbau, lembu, kambing dan ayam dari peternak lokal sendiri, ia berharap pedagang lebih bijak tidak menjual daging sapi impor dan para agen tidak perlu masuk ke Rohil.
     
Menurut dia, melimpahnya populasi sapi, kerbau, lembu, kambing dan ayam di Rokan Hilir menandakan semakin majunya Sumber Daya Manusia (SDM) peternak.
     
"Pembinaan yang kita lakukan selama ini kepada peternak membuahkan hasil positif. Apalagi kekayaan laut Rohil juga mampu mencukupi kebutuhan ikan daerah ini, malahan hasil laut kita sampai diekspor. Jadi, bagi masyarakat yang tidak dapat membeli daging masih ada pilihan ikan segar dari laut sendiri," kata Muslim.(ant/ radarpku)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »