Sejak Kapolda Dijabat oleh Brigjen Supriyanto , Terbongkar Ladang Ganja Pertama di Pedalaman Riau

Dibaca: 16181 kali  Kamis,16 Juni 2016
Sejak Kapolda Dijabat oleh Brigjen Supriyanto , Terbongkar Ladang Ganja Pertama di Pedalaman Riau
Ket Foto : Ladang ganja di pedalaman Okura, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau. Ganja ditanam di lahan yang ditumbuhi sawit dan dikelilingi semak belukar.

RADARPEKANBARU.COM- Sejak Kapolda Riau Dijabat oleh Brigjen Supriyanto terbongkar kasus ladang ganja di Bumi Lancang Kuning, Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau menemukan ladang ganja di pedalaman Okura, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau. Ganja ditanam di lahan yang ditumbuhi sawit dan dikelilingi semak belukar.

Dari penemuan itu, petugas menyita beberapa batang ganja setinggi 1 meter lebih sebagai contoh. Sisanya akan dimusnahkan supaya pemilik atau penanam tidak menyalahgunakan serta mengedarkannya.

"Pemilik lahan sendiri sampai saat ini masih dalam penyelidikan, belum tahu siapa yang punya," sebut Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo SIK, Selasa malam 14 Juni 2016.

Guntur menyebutkan adanya ladang ini berawal dari laporan masyarakat yang menyebut lokasi dimaksud seroing keluar masuk mobil yang dikendarai orang tak dikenal warga sekitar.

Informasi ini kemudian didalami Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Riau. Selanjutnya berkoordinasi dengan Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau untuk melakukan pengecekan ke lokasi.

"Belasann personil bersenjata lengkap langsung diterjunkan menyisir lokasi pada Selasa siang tadi. Kemudian ditemukan tanaman ganja yang sudah besar," kata Guntur.

Dari operasi yang dipimpin Direktur Reserse Narkoba Komisaris Besar Hermansyah SIK ini, petugas mencabuti seluruh batang dan langsung mengamankanya ke Mako Polda Riau.

Saat ini petugas masih mencari pemilik lahan ataupun penanamannya. Kepolisian juga menyelidiki apakah sudah ada tanaman yang sudah dipanen dan kemudian diedarkan.

"Dalam operasi ini, kepolisian juga dibantu beberapa sekuriti dari PT Arara Abadi untuk menemukan lokasi penanaman. Medannya cukup sulit dan jauh dari keramaian," kata Guntur.

Penemuan ladang ganja ini merupakan pertama kalinya di Riau. Sebelumnya memang pernah diamankan beberapa tersangka yang mencoba membuka ladang ganja. Hanya saja, ganja yang ditanam masih berada di pot bungan dan masih kecil.

"Penemuan kali ini sudah berada di lahan. Selain itu, batang ganjanya sudah tinggi dan diperkirakan sudah lama ditanam," kata Guntur.(redaksi)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »