Pemko Pekanbaru Bangun Labor Klinik Rp2 Miliar Mulai Tahun Ini

Dibaca: 20659 kali  Senin,06 Januari 2014
Pemko Pekanbaru Bangun Labor Klinik Rp2 Miliar Mulai Tahun Ini
Ket Foto : Perkantoran Pemko Pekanbaru
Pekanbaru, (radarpekanbaru.com) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mulai tahun ini akan membangun satu unit laboratorium klinik senilai Rp2 miliar guna memudahkan masyarakat melakukan bermacam-macam tes pada spesimen biologis untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan mereka.

"Laboratorium klinik atau laboratorium medis ini nantinya bisa dimanfaatkan khususnya untuk pasien yang mendapatkan rujukan dari Puskesmas untuk mengetahui kimia darah, darah rutin, urine serta tinja," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Rini Hermiyati di Pekanbaru, Sabtu (4/1/14).

Menurut Rini, Pemko Pekanbaru baru memiliki satu unit labarotorium, namun hanya untuk menguji kualitas air. Sedangkan laboratorium klinik ini diperlukan berkaitan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat.

Laboratorium klinik di Pekanbaru memang sudah ada satu unit, katanya, akan tetapi dikelola swasta dan tentunya masyarakat mengeluarkan biaya sendiri.

"Oleh karena itu, tahun 2014 dilakukan pengerjaan fisik gedung laboratorium dengan luas bangunan 120 m2 atau dua lantai itu sedangkan pengadaan peralatan dilakukan pada 2015," katanya dan menambahkan anggaran pembangunan dari APBD Pekanbaru 2014.

Sementara itu untuk sumber daya manusia pendukung operasional laboratorium ini sudah diberikan berbagai pelatihan.

Awal tahun ini, katanya, lagi detail engineering design (DED) adalah produk konsultan perencana yang biasa digunakan dalam membuat sebuah perencanaan detail bangunan sipil seperti laboratorium ini.

DED tersebut bisa meliputi gambar detail bangunan/gambar bestek, rencana anggaran biaya dan laporan akhir tahap perencanaan yang meliputi laporan arsitektur, laporan perhitungan struktur termasuk laporan penyelidikan tanah.

Selain itu laporan mekanikal dan elektrikal serta perhitungan informasi dan teknologi dan laporan tata lingkungan. (adv)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »