Selamat Berjuang ya Generasi Bangsa, Besok 18.135 Murid SD se-Pekanbaru Ikuti Ujian Sekolah

Dibaca: 10843 kali  Minggu,15 Mei 2016
Selamat Berjuang ya Generasi Bangsa, Besok 18.135 Murid SD se-Pekanbaru Ikuti Ujian Sekolah
Ket Foto : US murid SD tersebar di 275 sekolah baik swasta maupun negeri yang ada di Pekanbaru.

RADARPEKANBARU.COM - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengatakan 18.135 murid Sekolah Dasar (SD) sederajat, baik negeri maupun swasta di wilayah tersebut mengikuti Ujian Sekolah (US), Senin (16/5).
        
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, di Pekanbaru, Minggu mengatakan US  murid SD tersebut menyebar di 275 sekolah baik swasta maupun negeri yang ada di Pekanbaru.
        
"Para murid menempati kelas yang sudah disediakan mencapai 1.033 ruangan serta diawasi oleh 2.066 pengawas," katanya menerangkan.
        
Memang diakui Jamal sejauh ini untuk US tingkat SD di Pekanbaru belum ada yang menggunakan sistem online seperti yang sudah dilakukan bagi SMP dan SMA sederajat.
        
Walau Ia mengakui soal US tetap dibuat oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi. Berbeda dengan Ujian Akhir Sekolah (UAS) SD yang sudah selesai dilaksanakan beberapa pekan lalu.
        
Masih menurut dia, soal UAS SD seluruhnya disiapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.
        
"Untuk US SD soal ujian dibuat oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dengan persentasi 25 persen dari pemerintah pusat dan 75 persen dari pemerintah provinsi," katanya menerangkan.
        
M Jamal membandingkan US ini selevel dengan Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA sederajat.
        
"Kalau di tingkat SMP atau SMA ini sama dengan Ujian Nasional (UN), di SD tidak disebut UN namanya Ujian Sekolah (US), kalau UN kan soalnya 100 persen dari pusat," kata Jamal.
        
Ia menambahkan, US siswa SD akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 16-19 Mei. Sedangkan untuk mata pelajaran yang di ujian ada tiga, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
        
"Sejauh ini persiapan soal US sudah siap, dan semoga besok semua lancar," tutupnya. (ant/radarpku)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »