Drone Bahayakan 132 Penumpang Pesawat Komersial

Dibaca: 12037 kali  Jumat,22 April 2016
Drone Bahayakan 132 Penumpang Pesawat Komersial
Ket Foto : Drone, atau pesawat tanpa awak

RADARPEKANBARU.COM-Drone, atau pesawat tanpa awak semakin digemari masyarakat. Penggunaannya yang relatif sederhana membuat banyak pemiliknya lupa tentang keselamatan. Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk sang pemilik, namun juga orang lain. seperti halnya yang terjadi di bandara Heathrow, London, Minggu (18/4) lalu. Pilot maskapai British Airways melaporkan pesawatnya menabrak objek yang diyakini sebagai drone saat proses pendaratan di bandara tersebut.

"Pesawat dari Jenewa menuju Bandara Heathrow dilaporkan ditabrak satu unit drone", ujar juru bicara kepolisian Metro London.


Insiden ini menjadi insiden tabrakan antara pesawat dan drone pertama yang dilaporkan. Pesawat tersebut membawa 132 penumpang dan lima kru. Diungkapkan bahwa Pesawat komersial jenis Airbus A320 itu sedang dalam usaha pendaratan sampai akhirnya bagian depan dari pesawat komersial tersebut menabrak sebuah benda terbang mirip drone. Beruntung A320 dapat mendarat dengan selamat. Seperti dikutip dari laman BBC, salah seorang juru bicara British Airways menyebutkan bahwa setelah diperiksa, pesawat tersebut tetap bisa dipakai beroperasi kembali.

Pihak penerbangan di Inggris Raya menyebutkan bahwa hal tersebut tidak bisa ditoleransi sama sekali. Namun, pada insiden tersebut tidak ada orang yang ditangkap karena sulitnya melacak pengguna drone. Pihak berwenang di Inggris telah mengeluarkan aturan larangan menerbangkan drone di dekat bandara. Aturan tersebut juga melarang drone diterbangkan lebih tinggi dari 400 kaki (122 meter) atau dekat dengan bangunan dan orang ramai. Namun siapa saja yang melanggar aturan ini bisa dikenai hukuman penjara lima tahun.


"Drone tidak seharusnya terbang begitu dekat dengan bandara. bagi yang melanggar peraturan ini akan menghadapi hukuman yang serius," kata juru bicara UK Civil Aviation Authority.(radarpku)


Sumber : Antara

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »