KPK Segera Dirikan Kantor Perwakilan Di Pekanbaru

Dibaca: 20321 kali  Rabu,13 April 2016
KPK Segera Dirikan Kantor Perwakilan Di Pekanbaru
Ket Foto : Komisi Pemberantasan Korupsi
RADARPEKANBARU.COM-Tingginya tingkat korupsi di Riau yang masuk dalam lima besar dari daftar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat lembaga anti korupsi mendirikan kantor perwakilan di Kota Pekanbaru.
 
Wacana pendirian perwakilan sebagai antisipasi korupsi ini juga sempat membuat unsur pimpinan KPK berdebat, terkait penting atau tidak adanya kantor tersebut.
 
"Akhirnya kami berlima (pimpinan KPK) setuju bahwa daerah ini (Riau) harus ditunggui. Perdebatannya hampir setiap hari" kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Pekanbaru Rabu, 13 April 2016.
 
Menurut Saut, keberadaan perwakilan KPK di Riau harus segera diwujudkan. Selain bentuk kehadiran lembaga, hal ini juga bertujuan agar KPK lebih peka terhadap kasus korupsi yang ada di daerah.
 
"Sudah dibicarakan, bagaimana kemudian KPK bisa hadir ditengah-tengah masyarakat. Supaya kuping kami lebih peka. Kalau tidak 'ditungguin', orang jahat akan jalan terus" jelasnya.
 
Ide pendirian ini sudah disampaikan Saut ke pelaksana tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Terkait teknis mendirikan kantor tersebut, pembahasan lanjutan akan dilakukan lagi.
 
"Untuk menjaga independensi, KPK akan menyewa gedung sendiri dan tidak menggunakan fasilitas pemerintah daerah" tegas Saut.
 
Sebelumnya, KPK melaksanakan kegiatan Koordinasi dan Supervisi Pencegahan dan Penindakan Korupsi Terintegrasi di Riau. Kegiatan berlangsung di Gedung Daerah atau kediaman Gubernur Riau di Jalan Diponegoro.
 
KPK menggandeng para pemangku kepentingan lainnya seperti perwakilan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BPK dan BPKP serta perwakilan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
 
Selain di Riau, kegiatan itu juga dilaksanakan di lima provinsi lainnya yakni Banten, Sumatera Utara, Nangroe Aceh Darussalam, Papua dan Papua Barat. (frc)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »