Minat Masuk Sekolah Unggulan ? SMAN Plus Riau Terima Siswa Baru, Ini Persyaratannya

Dibaca: 22796 kali  Jumat,18 Maret 2016
Minat Masuk Sekolah Unggulan ? SMAN Plus Riau Terima Siswa Baru, Ini Persyaratannya
Ket Foto : Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Plus Riau

RADARPEKANBARU.COM– Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Plus Riau mulai menerima pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2016/2017.

Pendaftaran akan berlangsung sampai tanggal 2 April mendatang. Kapasitas penerimaan siswa baru hanya 100 orang, dengan pembagian 66 orang untuk laki-laki dan 34 orang untuk perempuan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau, Dr Kamsol kepada wartawan pada Jumat (18/3/2015) menyebutkan, SMAN Plus Riau merupakan sekolah untuk melahirkan generasi Riau yang unggul. Tahun ini, kembali menerima peserta didik baru dengan kapasitas 100 orang, dan pendaftaran akan berlangsung sampai tanggal 2 April.

Ada tiga persyaratan yakni persyaratan umun, persyaratan khusus, dan persyaratan akademis. Persyaratan umumnya yakni, WNI, lulusan SMP sederajat, berkelakuan baik lengkap dengan surat keterangan dari kepala sekolah, sehat jasmani dan rohani dangan tinggi badan laki-laki 155 centimeter dan prempuan 150 centimeter. Setelah dinyatakan lulus bersedia tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan di SMAN Plus Riau dan sanggup mematuhi peraturan serta tata tertib sekolah maupun asrama.

Melampirkan sertifikat TOEFL atau sejenisnya dan piagam atau sertifikat Olimpiade Mata Pelajaran minimal tingkat kabupaten atau kota kalau ada.

Sedangkan persyaratan khususnya, ulas Kamsol, mengisi dan mengembalikan formulir pendaftaran dua rangkap dan dikirim ke alamat Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN Plus Riau dengan alamat Jalan Lingkar Kubang Raya PO BOX 1447 Pekanbaru atau dan telepon 0761-7048400.

Lampirkan foto copy rapor semester ganjil dan genap di kelas VII dan VIII sampai semester ganjil dari kelas IX yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah. Pas photo terbaru ukuran 3x4 , foto copy STTB SD atau MI , foto copy kartu keluarga , foto copy akte kelahiran atau kenal lahir , surat keterangan kesehatan dari dokter, mengikuti seleksi administrasi, tes tertulis, wawancara, fisik, kesehatan, psikotes, dan tes kemampuan berbahasa Inggris.

Sementara, lanjut Kamsol, persyaratan akdemisnya yakni, nilai rapor SMP sederajat kelas VII, kelas VIII dan nilai semester ganjil kelas IX dengan rata-rata kumulatif minimal 85. Tidak ada nilai di bawah 85 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matemtika dan IPA. Tidak terdapat nilai rapor di bawah 80 untuk setiap mata pelajaran selain poin b yang dipelajari di SMP sederajat dari kelas VII sampai semester ganjil kelas IX.

Bagi calon peserta didik baru yang mempunyai prestasi di bidang olimpiade sains tingkat nasional dengan memperoleh medali emas, perak atau perunggu berasal dari SMP sederajat di seluruh kabupaten dan kota di Riau, akan diterima tanpa melalui tes tertulis, tapi langsung ke seleksi tes fisik, psikotes, pemeriksaan kesehatan, wawancara dan tes kemampuan Bahasa Inggris.

“Daya tampung untuk SMAN Plus Riau tahun ini hanya 100 orang, sebanyak 66 orang untuk putra, dan 34 orang untuk putri. SMAN Plus hanya memiliki satu jurusan yakni IPA, memakai sistem gugur atau drop out, bersedia mengembalikan seluruh biaya yang dikeluarkan SMAN Plus Riau apabila yang bersangkutan berhenti atau mengundurkan diri selama masa pendidikan,” ungkap Kamsol.

Formulir pendaftaran, sebut Kamsol, dapat diambil di SMAN Plus Riau, di sekolah masing-masing, atau melalui website http://smanplus-propriau.sch.id. Pengiriman berkas pendaftaran bisa dilakukan secara kolektif oleh kepala sekolah via kantor pos, kurir, titipan kilat atau diantar langsung ke alamat panitia. Berkas calon peserta didik laku-laki stop map folio warna kuning dan perempuan warna merah serta peserta didik berprestasi warna hijau.

"Pendaftaran akan berlangsung sampai tanggal 2 April mendatang. Pendaftaran setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 08.00-14.00 WIB. Berkas pendaftaran dapat diantar langsung ke alamat atau via Pos. Formulir pendaftaran diterima panitia paling lambat tanggal 2 April, dan kalau melalui kantor pos cap pos tanggal 2 April. Untuk informasi selanjutnya, terkait dengan tahapan seleksi, dan pengumuman pendaftaran ulang, bisa ditanyakan langsung ke panitia PPDB," papar Kamsol. (Tribun)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »