2020 Mendatang, Mobil Listrik Diprediksi Jadi Tren Dunia

Dibaca: 67032 kali  Kamis,10 Maret 2016
2020 Mendatang, Mobil Listrik Diprediksi Jadi Tren Dunia
Ket Foto : Mobil Listrik

RADARPEKANBARU.COM-Beberapa negara tetangga, termasuk negara maju di dunia mulai masuk pada pengembangan mobil bertenaga listrik. Indonesia juga mulai menggagas kembali industri mobil nasional pasca tiarap.

Mobil listrik diproyeksi bakal merambah di mana-mana pada tahun 2020. Proyeksi ini disampaikan oleh Tim Mobil Listrik Nasional dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Agus Purwadi, usai diskusi Mobil Listrik Nasional di Kemenko Perekonomian, Jakarta Kamis, 10 Maret 2016.

"Mobil listrik akan jadi tren dunia di 2020 mendatang" sebut Agus.

Maka dari itu, Indonesia harus memulai pengembangan mobil listrik. Pengembangan bisa dilakukan terhadap komponen utama seperti baterai, badan, hingga motor.

Bila kesempatan ini tak diambil, Agus mengaku Indonesia bakal tertinggal atau bahkan akan menjadi pasar mobil listrik impor.

"Kalau tidak kita jadi market, kita jadi pasar" ujuarnya.

Agus mengaku sumber daya manusia Indonesia mampu mengembangkan mobil listrik, terbukti dengan lahirnya berbagai prototype alias purwarupa. Purwarupa tersebut memang perlu penyempurnaan.

Di tempat yang sama, Staf Ahli Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Agus Puji Prasetyono menyebut pemerintah memang harus memberi kepastian bagi para peneliti, konsumen dan pelaku usaha bahwa mobil listrik merupakan program nasional jangka panjang.

"Pemerintah harus konsisten dan kontinyu dalam merancang program mobil listrik nasional. Kemudian komitmen dunia usaha harus diperbaiki" tutupnya. (dtc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »