Tahukah Anda Pesawat Tempur Canggih Ini Bikin Indonesia Ditakuti di ASEAN

Dibaca: 17675 kali  Kamis,18 Februari 2016
Tahukah Anda Pesawat Tempur Canggih Ini Bikin Indonesia Ditakuti di ASEAN
Ket Foto : ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

RADARPEKANBARU.COM- Sebagai negara terbesar di regional Asia Tenggara, Indonesia semakin giat memperkuat armada tempurnya untuk menjaga kedaulatan negara dari berbagai ancaman musuh. Penguatan armada tempur yang salah satunya menjadi fokus Indonesia ialah alutsista udara.

Indonesia tercatat telah memiliki banyak pesawat tempur, baik buatan Amerika Serikat maupun Rusia. Berikut lima pesawat tempur canggih yang dimiliki Indonesia sebagaimana dikutip dari laman boombastis.com.

F-16 Fighting Falcon

Saat ini Indonesia mempunyai 36 unit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang terdiri atas tiga tipe. Tipe pertama yakni F-16A Block 15 OCU dengan jumlah delapan unit, F-16B Block 15 OCU (empat unit), dan tipe F-16C/D Block 52ID (24 unit). Sejumlah pesawat F-16 dengan kemampuan tempur hebat itu telah dioperasionalkan sejak tahun 1989 silam. Pesawat supersonik pabrikan Amerika Serikat itu telah dipakai di 25 negara di dunia.

Sukhoi Su-27

Pesawat tempur lincah buatan Rusia yang memiliki daya jelajah cukup jauh ini juga dipakai oleh Angkatan Udara Indonesia. Indonesia tercatat memiliki lima unit pesawat Sukhoi Su-27. Sukhoi Su-27 memiliki persenjataan sangat lengkap meliputi meriam GSh-30-1 30 mm berisi 150 peluru, peluru kendali anti-radiasi X-31, peluru kendali udara ke darat X-29L/T, dan bom KAB-150. Jet tempur ini dipakai di 12 negara termasuk Amerika Serikat sendiri yang menjadi seteru abadi negeri Beruang Merah. (uky)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »