Merasa Malu Untuk Pulang, Eks Gafatar Asal Riau Menahan Diri Di Jakarta

Dibaca: 15682 kali  Jumat,29 Januari 2016
Merasa Malu Untuk Pulang, Eks Gafatar Asal Riau Menahan Diri Di Jakarta
Ket Foto : Gerakan Fajar Nusantara

RADARPEKANBARU.COM-Dari daftar anggota eks Gafatar asal Riau, yang saat ini berada di Jakarta sudah mencapai sekitar 140 orang, diprediksi sore ini jumlah tersebut akan bertambah mencapai 150 hingga 200 orang. Karena sebagian dari mereka masih dalam perjalanan dari Kalimantan menuju Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Riau Syafruddin kepada wartawan Jumat (29/01/2016).

Namun menurut Syafruddin, sebagian dari ratusan warga Riau yang pernah bergabung dengan organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) tersebut masih menolak untuk dipulangkan ke Riau dengan berbagai alasan. "Mereka masih ragu pulang ke Riau, ada yang merasa malu, ada juga yang merasa takut tidak diterima masyarakat lingkungan mereka tinggal," jelas Syafruddin.

Sedianya para anggota eks Gafatar asal Riau hari ini dipulangkan. Guna mengantisispasi segala sesuatunya saat ini Dinas Sosial masih bekerjasama dengan pihak terkait guna terus mendata dan negoisasi supaya mereka mau dipulangkan.

"Kita data dahulu, kalau memang mereka tidak mau kembali ke Riau, tentunya kita akan berkordinasi dengan pihak Pemerintah Pusat, untuk mencarikan solusi dan jalan keluarnya," jelasnya.

Jika nanti setelah diperoleh kepastian dan berapa orang yang mau kembali, Syafruddin juga menjelaskan, para anggota eks Gafatar tersebut akan dipulangkan melalui jalur darat. "Setelah mereka benar-benar mau dan sampai ke Riau, kita tidak akan langsung mengantar ke rumahnya, namun kita tampung dahulu dipenampungan sementara yakin, di Rumah Persinggahan Trauma Center (RPTC)," tukasnya.

Setelah dipenampungan rencananya mereka akan diajak bertaubat masal dengan menghadirkan seorang ustadz. Selain itu mereka juga akan dibekali beberapa ilmu dan pendekatan dari seorang rohaniwan dan ahli Psikologi. (grc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »