UIR Tanamkan Jiwa Entrepreneur Pada Mahasiswa

Dibaca: 18122 kali  Sabtu,28 Desember 2013
UIR Tanamkan Jiwa Entrepreneur Pada Mahasiswa
Ket Foto : UIR

Pekanbaru, (radarpekanbaru.com) - Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau (UIR) terus menanamkan jiwa entrepreneur atau wirausaha dalam setiap mahasiswanya. Bahkan, entrepreneur ini sudah dijadikan pihak UIR sebagai visi dan misi bagi peserta didiknya. 

Demikian disampaikan Dosen Fakultas Ekonomi UIR, Ariswanto, di ruangannya. Katanya, jiwa entrepreneur itu dikembangkan pihak kampus, dalam upaya memberi motivasi dan merubah pola fikir mahasiswanya.

"Selama ini, kita melihat bahwa banyak lulusan sarjana tak siap kerja dan hanya mengandalkan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pola fikir mahasiswa inilah yang kita rubah, sekalian mempersiapkan mereka bagaimana setelah lulus nanti mampu membuka lapangan kerja sendiri, melalui pengembangan jiwa entrepreneur," ujarnya. 

Untuk merubah pola fikir mahasiswa tersebut, terang Ariswanto, pihaknya melakukan secara bertahap. Salah satunya, dengan memberikan berbagai motivasi kepada setiap peserta didiknya.

"Merubah pola fikir manusia sangatlah sulit, sebab itu berhubungan dengan budaya, dimana setiap orang akan berbeda-beda. Namun secara bertahap, kita akan terus melakukan agar pola fikir mereka bisa berubah," paparnya.

Langkah menuju ke arah itu, lanjutnya lagi, pihak kampus menetapkan adanya mata kuliah kewirausahaan. Dengan keberadaan mata kuliah ini diharapkan, pola fikir peserta didiknya bisa berubah serta bisa tahu bagaimana asyiknya dunia berwirausaha. Selain itu, bagaimana mengawali suatu usaha dengan meraih keuntungan yang lebih besar daripada menjadi seorang PNS.

"Pendukung dari mata kuliah ini, kita menyediakan labor bisnis yaitu , seperti mesin Foto Copy yang diberi kewenangan untuk dikelola oleh mahasiswa, dalam mengaplikasikan cara berwirausaha," sebut Ariswanto.(hrc)

Editor : Alamsah
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »