Silpa APBD Pelalawan 2015 Diperkirakan Capai Rp 552 Miliar

Dibaca: 16430 kali  Selasa,22 Desember 2015
Silpa APBD Pelalawan 2015 Diperkirakan Capai Rp 552 Miliar
Ket Foto : Ilustrasi

RADARPEKANBARU.COM-Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (Silpa) APBD Pelalawan 2015, diperkirakan mencapai Rp 552 miliar lebih. Jika dibandingkan tahun 2014 terjadi penurunan Silpa, tahun lalu sebesar Rp 660 miliar lebih.

Menurut Kepala Bagian Program Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan Tengku Zulfan, ada tiga hal penyebabkan tingginya Silpa. "Pertama kegiatan tak bisa dilaksanakan, kedua penghematan dan efesiensi dan ketiga karena pelampauan pendapatan daerah" terangnya.

Dikatakan Zulfan, banyak dana yang masuk dalam kategori kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan tersebut. Seperti anggaran Dana Alokasi Khusus Dana Reboisasi (DAK DR). "DAK DR jumlahnya hampir Rp 200 miliar. Ini memang murni belum bisa dilaksanakan karena terhambat oleh regulasinya" sebutnya.

Sambung Zulfan, sedangkan penghematan dan efesiensi salah satunya bersumber dari sisa anggaran pelelangan. "Contohnya, 2015 ini ada Rp 779 miliar lebih belanja modal, jika dalam pelelangan pihak ketiga menawar 15 persen saja, sudah ada sisa anggarannya hampir Rp 100 miliar. Belum lagi anggaran belanja barang dan jasa" ujarnya.

Terkait terjadinya pelampauan target pendapatan, "Untuk ini angkanya kurang jelas berapanya. Tapi hampir seluruh asumsi pendapatan kita melebihi target" tutup Zulfan. (*)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »