Puluhan Rumah Di Desa Buluhcina Siak Hulu-Kampar Terendam Banjir

Dibaca: 21653 kali  Selasa,15 Desember 2015
Puluhan Rumah Di Desa Buluhcina Siak Hulu-Kampar Terendam Banjir
Ket Foto : Banjir Di Buluh CIna Siak Hulu

RADARPEKANBARU.COM- Tingginya curah hujan dalam sepekan menyebabkan sungai kampar meluap dan mengakibatkan puluhan rumah di Desa Buluhcina Kecamatan Siak Hulu-Kampar terendam banjir, banyak warga mengungsi ke rumah sanak saudaranya yang rumahnya tidak terendam banjir.                                                            

Namun ada juga warga yang tetap bertahan dengan membuat pentas di dalam rumahnya masing-masing, tujuannya, selain untuk menyelamatkan barang-barang sekaligus juga sebagai tempat pengungsian sementara tanpa harus meninggalkan rumah.

Bencana banjir tidak saja merendam rumah warga tapi menyulitkan anak-anak sekolah dalam menimba ilmu pasalnya, satu satunya alat transportasi air seperti ponton tidak bisa beroperasi, karna dermaganya terendam banjir.                                

Dari pantauan Radar Pekanbaru, senin 14/12 di Desa Buluhcina, sedikitnya 80 kepala keluarga terpaksa tidak dapat  beraktifitas seperti biasanya, karna harus menyelamatkan harta bendanya dari genangan air, apalagi ketinggian air terus meningkat, hingga berita ini diturunkan,ketinggian air mencapai 60 cm hingga 1 meter lebih, diperkirakan akan terus meningkat.                                         

Kepala Desa Buluhcina M Ralis Toro menjelaskan bahwa data yang di terima dari seluruh ketua RT, ada 50 rumah dari 80 kepala keluarga yang terendam banjir, namun sebelumnya sudah di berikan himbauan agar warga selalu waspada menghadapi bencana banjir.

Mengingat adanya informasi dari petugas di PLTA Koto Panjang Kampar jika pintu air akan di buka secara bertahap, masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Kampar seperti Desa Buluhcina untuk tetap waspada banjir, adanya informasi tersebut, warga yang memiliki hewan ternak sudah lebih dulu menyelamatkan hewan ternaknya ke dataran yang lebih tinggi.                                                 

M Ralis Toro menambahkan kalau dirinya sudah melaporkan bencana tersebut ke upika Siakhulu maupun BPBD Kampar, Danramil O5 Kapten Infantri Daswad maupun Kapolsek Siakhulu Kompol Penieli Zalukhu SH sudah menurunkan anggotanya  Sucipto dan babinkamtibmas Desa Buluh Cina Brigadir polisi Manurung guna membantu warga yang tertimpa bencana banjir, imbuhnya. (Erik)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »