47 Bank dan 817 Kantor Cabang Sudah Dibuka di Riau

Dibaca: 15417 kali  Senin,18 November 2013
Pekanbaru, (RadarPekanbaru.com)-Kepala Kantor Bank Indonesia perwakilan Pekanbaru, Mahdi Muhammad kepada radarpekanbaru.com, mengatakan, bahwa hingga November 2013, sudah ada 47 bank dan 817 kantor cabang perbankan di Provinsi Riau.

Hal ini disampaikan Mahdi di sela peresmian Kantor Bank DKI Cabang Pekanbaru, Sabtu (16/11/2013) lalu.

"Portofolio perbankan di Riau semakin meningkat setiap tahunnya, dengan peresmian Bank DKI hari ini, tercatat sudah ada 47 bank yang beroperasi di Riau dengan kantor cabang sebanyak 817 kantor," kata Mahdi.

Data BPS juga menunjukkan, PDRB Riau berada di posisi besar lima nasional dan nomor satu di Sumatera.

Sedangkan jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan Riau saat ini baru di angka 12 persen dari PDRB dimana rata-rata Sumatera sudah 27,1 persen. "Hingga kita masih bisa tumbuh dua kali lipat bahkan lebih," katanya.

Nilai kredit yang disalurkan perbankan di Riau, berada di angka 11 persen dari PDRB sedangkan Sumatera sudah berada di angka 28,5 persen.

Untuk pusat2 ekonomi, Riau terkenal dengan industri sawit yang 52 persen kebunnya dimiliki rakyat dan ini sebagian besar belum dijangkau perbankan.

Pertumbuhan dunia perbankan yang cukup menggembirakan dari data BI terdapat di tiga daerah yakni Kota Pekanbaru, Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis, dengan sebaran usaha perbankan mencapai 150 persen dibanding jumlah penduduk.

"Target yang cukup potensial juga terdapat dari sektor UMKM Riau, dimana hingga saat ini tercatat ada sebanyak 420 ribu UMKM di Riau yang membutuhkan dunia perbankan untuk perkembangan usahanya dan ini peluang bagi perbankan di Riau," kata Mahdi.

Laporan : Ramli
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »