Cara Membuat Masker Darurat Asap dengan Botol Aqua dan Coca-cola

Dibaca: 18457 kali  Jumat,30 Oktober 2015
Cara Membuat Masker Darurat Asap dengan Botol Aqua dan Coca-cola
Ket Foto : Cara Membuat Masker Darurat Asap dengan Botol Aqua dan Coca-cola

RADARPEKANBARU.COM-Sebaran asap dari kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan telah menyebar luas. Kabut asap yang sebelumnya menimpa beberapa kota seperti Riau, Jambi, Palangka Raya, Pontianak, Palembang, dan Lampung, bahkan sekarang kabut asap tipis sempat mencapai Jakarta.

Apa yang telah kamu lakukan dalam menyikapi bencana kabut asap ini? Daripada kamu sibuk menyindir pemerintah di media sosial atau lewat DP BBM, lebih baik kamu bertindak dan coba membuat masker darurat sederhana sebagai pencegahan gangguan pernafasan.

Sebagai generasi muda, kamu sudah seharusnya peduli pada isu nasional. Sebagaimana dalam Sumpah Pemuda tertuang bahwa kita adalah satu bangsa, bangsa Indonesia. Jadi, bencana kabut asap Riau dan kota lainnya, haruslah menjadi perhatian kita sebagai bangsa Indonesia.
Masker Darurat Sebagai Pencegah Gangguan Pernafasan

Karena pekatnya kabut asap di Riau, Palangka Raya, dan kota lainnya, masker standar biasa yang sekali pakai sudah tidak mampu melawan efek asap sehingga terasa masuk ke rongga pernafasan. Dampaknya, gangguan pernafasan banyak melanda warga. Mengingat kabut asap yang tebal, maka opsi untuk bolak-balik membeli masker bukanlah pilihan bijak karena bisa memperburuk keadaan.

Maka opsi pembuatan masker darurat untuk mendapatkan udara yang lebih bersih harus diupayakan. Meski penggunaan masker tidak nyaman untuk digunakan dalam jangka panjang, tapi masker sangat penting untuk mencegah gangguan pernafasan.


Alat untuk membuat masker darurat

 


 

Siapkan Botol air mineral berukuran sedang / Botol air mineral atau minuman bersoda ukuran besar, Handuk kecil atau kain tebal,Kapas, Selotip,  Alat pemotong (gunting atau cutter)

Cara membuat


Potong 3/4 bagian bawah dari botol air mineral yang berukuran sedang.Selanjutnya, silakan kamu lubangi sekeliling bagian bawah botol yang tadi kamu potong. Semakin banyak lubang, akan semakin bagus untuk sirkulasi udara.Silakan basahi handuk kecil atau kain tebal yang tadi disiapkan, lalu peras. Kemudian gulung kapas dengan handuk basah.

 

Masukan handuk kecil atau kain tebal yang telah diisi kapas tadi pada botol yang telah dilubangi tadi. Pastikan gulungan handuk tersebut menempel pada bagian tepi botol yang dilubangi, tujuannya agar berfungsi maksimal sebagai filter.





Rekatkan kembali potongan atas botol yang tadi dipotong dengan botol yang telah dilubangi dan diisi handuk menggunakan selotip. Setelah ini, maka persiapan membuat filter telah selesai.





Selanjutnya, potong menyamping bagian atas botol air mineral atau minuman bersoda yang ukuran besar. Botol ini digunakan sebagai alat hisap, jadi kamu sesuaikan saja kemiringannya kira-kira pas untuk digunakan menghisap.



Setelah filter dan penghisap siap, tinggal kamu rekatkan ujung leher botol mineral kecil dengan leher botol besar yang telah kamu potong tadi. Selesai.



Agar tidak merasa sakit akibat tepian botol yang telah dipotong, kamu bisa melapisi pinggiran hasil potongan di bagian penghisap dengan selotip.

Nah, sebagai pemuda Indonesia, ayo praktekan cara membuat masker darurat ini agar bisa digunakan dalam keadaan darurat seperti kabut asap di Riau, Palangka Raya dan kota lainnya.  (Citizen6)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »