Adetorial

WaliKota Pekanbaru Firdaus Serahkan Bantuan Zakat Secara Simbolis

Dibaca: 25361 kali  Selasa,15 September 2015
WaliKota Pekanbaru Firdaus Serahkan Bantuan Zakat Secara Simbolis
Ket Foto : Logo Logo Pemko Pekanbaru

RADARPEKANBARU.COM - Walikota Pekanbaru bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru Riau menyalurkan bantuan zakat kepada 494 warga kaum dhuafa di daerah itu sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Bantuan kali ini untuk tahap penyaluran hingga Agustus, ada empat jenis program yang kami gelontorkan, pemko pekanbaru bersama Baznas secara rutin menyalurkan dana Baznas yang terkumpul dari para muzaki per bulannya kepada warga kurang mampu. Bentuk bantuan bisa untuk modal usaha, kebutuhan pokok, dana pendidikan dan kesehatan.



Ketua Harian Baznas Kota Pekanbaru Akbarizan  menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Pekanbaru, karena sejak kepemimpinannya tahun 2013 telah berkomitmen mengumpulkan zakat harta dari setiap aparatur sipil negara (ASN) yang mampu.

"Hasilnya luar biasa, tahun lalu dana zakat dari para muzaki ini terkumpul sekitar Rp5 miliar. Tahun ini baru memasuki September sudah lebih Rp4 miliar," kata Akbarizan.

Akbarizan berharap dan mendoakan agar para muzaki tetap bersedia memberikan zakat hartanya demi membantu meringankan beban kaum dhuafa di Kota Pekanbaru.

"Baznas Pekanbaru mencatat tahun 2015  total zakat yang terkumpul ada sekitar Rp4,04 miliar. Dengan jumlah yang sudah tersalur Rp3,7 miliar," ujarnya.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai penyerahan bantuan secara simbolis, mengucapkan selamat kepada keluarga yang mendapatkan zakat. Karena panitia telah memberikan kesempatan bagi mereka setelah melalui seleksi.

 


"Manfaatkanlah dana bantuan ini sesuai peruntukannya, kalau itu untuk modal usaha kembangkan jangan jadi konsumtif, agar bisa mengangkat ekonomi keluarga," saran Firdaus.

Kepada panitia Baznas, Firdaus juga berpesan agar tetap berkomitmen mengelola dana yang dipercaya para muzaki sehingga pemberi zakat merasa nyaman.

"Penerima juga harus dievaluasi tiap tahunnya, siapa tahu kehidupan mereka semakin membaik sehingga hak tersebut bisa disalurkan bagi keluarga kurang mampu lainnya," saran Firdaus.

Wali Kota Pekanbaru itu merinci pada penyaluran kali ini ada sebanyak 494 kaum dhuafa yang menerima bantuan dana hasil zakat kaum muzaki.

Ia menjelaskan pendistribusian dana zakat Baznas Kota Pekanbaru tahun 2015 ini  sesuai program peruntukannya dirinci, pertama bagi Pekanbaru Makmur nilainya Rp495 juta yang dibagikan bagi 372 orang.

Kedua Program Pekanbaru Cerdas dananya Rp94 juta yang disalurkan bagi 83 orang. Kemudian Program Pekanbaru Peduli nilainya mencapai Rp39,5 juta yang diperuntukkan bagi 34 orang dan Pekanbaru Sehat Rp7,5 juta yang di salurkan bagi lima orang. (Adv / hms)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »