Jayalah Nahdatul Ulama, Ormas NU Segera Bangun Perguruan Tinggi di Setiap Provinsi

Dibaca: 20475 kali  Selasa,08 September 2015
Jayalah Nahdatul Ulama, Ormas NU Segera Bangun Perguruan Tinggi di Setiap Provinsi
Ket Foto : Lambang NU

Jakarta, (Radarpekanbaru.com)-Cendekiawan Muslim, Prof Dr KH Didin Hafidhuddin mendukung rencana organisasi kemasyarakatan PBNU yang akan mendirikan Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama (PTNU) di setiap provinsi di Indonesia.

Namun, menurut Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, sebaiknya NU tidak hanya berfokus pada kuantitas. Tetapi juga harus mengutamakan kualitas perguruan tinggi tersebut.

"Misal menyangkut dosennya, tenaga pendidikan, sistemnya. Harusnya dibangun sistem kampus modern, kampus yang berorientasi masa depan," ujar Didin kepada Republika, Selasa (8/9).

Ia menjelaskan, melalui perguruan tinggi ini, NU dapat mengembangkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang dibutuhkan masyarakat. Seperti ilmu kedokteran, teknologi, lingkungan dan lainnya. Jadi di samping ilmu pengetahuan juga ada ilmu agama dan syariah yang dikembangkan.

Mantan ketua umum BAZNAS ini mengungkapkan, perguruan tinggi juga akan menjadi bukti konkrit atas wacana NU tentang Islam Nusantara. Ini, dikarenakan jika hanya wacana, maka tidak akan menyentuh.

Untuk itu, jadi gagasan ini diwujudkan melalui pendidikan maka dapat mengkonkritkan cita-cita dan idealisme organisasi. Termasuk konsep ahlul sunnah Waljamaah yang dapat ditaransformasikan kepada generasi muda melalui lembaga pendidikan tersebut.

Ia menambahkan, pendidikan merupakan hal yang penting bagi umat dan bangsa. ''Umat dan bangsa akan berkembang pemikran, sikap dan gaya hidupnya, jika bersentuh dengan pendidikan. Sehingga pendidikan berkaitan dengan pembangunan karakter bangsa,'' ujar Prof Didin menambahkan. (Rol)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »