Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Rakyat, PTPN V Bantu UKM Riau Rp635 Juta

Dibaca: 22225 kali  Selasa,08 September 2015
Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Rakyat, PTPN V Bantu UKM Riau Rp635 Juta
Ket Foto : Logo PTPN 5

RADARPEKANBARU.COM- PT Perkebunan Nusantara V memberikan bantuan kepada 29 usaha kecil menengah atau UKM di Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, sebesar Rp635 juta guna meningkatkan produktivitas usaha mereka.

"Bantuan sebesar Rp635 juta tersebut, diberikan pada mitra binaan minimal Rp15 juta dan maksimal Rp35 juta rupiah per UKM," kata Kepala Urusan PKBL bagian umum, Sarimanza Tanjung, dalam keterangannya, di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, bantuan yang diberikan beragam tersebut disesuaikan dengan kondisi usaha serta kisaran kemampuan pengembalian bantuan oleh UKM tersebut.

Sedangkan 29 UKM yang diberikan bantuan, berasal dari  74 proposal UKM yang mengajukan permohonan bantuan dana kemitraan, dan setelah disurvei, hanya 29 UKM yang memenuhi persyaratan. Mereka bergerak pada sektor perdagangan sebanyak 15 unit usaha, sektor jasa 9 unit usaha, sektor industri 3 unit usaha dan sektor perikanan sebanyak 2 unit usaha.

"Artinya hingga saat ini, PT PN V sudah menyalurkan dana kemitraan kepada 446 UKM dengan jumlah Rp7,4 miliar lebih bergerak pada tujuh sektor usaha yakni sektor industri, perdagangan, pertanian perkebunan hingga sektor jasa," katanya.

Untuk itu, ia berharap masyarakat yang menerima bantuan dana kemitraan, dapat memanfaat dana yang diterima dengan sebaik-baiknya guna kemajuan usaha, berikut mengembalikan dana dengan baik pula sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan.

"Masyarakat yang menantikan program kemitraan PTPN V masih banyak. Oleh sebab itu, kepada bapak dan ibu yang menerima bantuan, kami harapkan dapat memanfaatkan dana yang diterima dengan sebaik-baiknya dan mengembalikan cicilan tepat waktu, sehingga dana kemitraan ini dapat bergilir dan bergulir,"katanya.

Sementara itu, Sekretaris Bapemdes Pemda Kabupaten Inhu Joni Marianto, seperti disampaikan Risky Atriyansyah
Asisten Urusan Hubungan Masyarakat, PT Perkebunan Nusantara V,  mengharapkan agar dana program kemitraan ini selanjutnya juga dapat digulirkan kepada UKM yang lain yang ada di wilayah  Indragiri Hulu.

"Kami berharap selain pada UKM di Kecamatan Rengat Barat, perusahaan juga memberikan bantuan yang sama bagi kecamatan-kecamatan lainnya," kata Joni. (ant)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »