Dua Calhaj Kloter 8 Batal Berangkat

Dibaca: 17355 kali  Rabu,02 September 2015

RADARPEKANBARU.com- Dua orang calon haji (calhaj) di kelompok terbang (kloter) 8 embarkasi Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menderita sakit sehingga gagal diberangkatkan.

"Dalam penerbangan dengan jarak tempuh sekitar sembilan jam dari Tanah Air ke Madinah, terdapat dua kursi kosong atau tidak diisi jamaah karena sakit," papar Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Riau, Muhammad A Azis melalui telepon genggam dari Pekanbaru, Selasa.

Dengan pengurangan dua orang tersebut, kloter 8 embarkasi Batam hanya membawa 443 orang calon haji (calhaj) dari Provinsi Riau.

Azis mengatakan dua orang calhaj tersebut terpaksa membatalkan keberangkatan menuju Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji tahun 2015 karena jatuh sakit saat berada di asrama haji Batam, Kepri.

Kedua jamaah tersebut masing-masing berasal dari Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru yang sesuai jadwal masuk asrama haji di Batam pada Senin (31/8) dan berangkat ke Arab Saudi pada Selasa (1/9).

"Dua jemaah itu batal berangkat tahun ini. Satu orang dari Pekanbaru atas nama Arifin dan satu orang lagi dari Kampar atas nama Aisyah. Saat ini mereka di rawat pada klinik haji embarkasi di Batam dan besok sore akan dipulangkan ke daerah masing-masing," terangnya.

Rombongan kloter 8 embarkasi Batam berjumlah 443 orang jamaah calhaj Provinsi Riau dan berasal tiga kabupaten/kota dilepas secara resmi oleh Bupati Kampar Jefry Noer dan acara pelepasan yang berlangsung di Aula Arafah 2 Asrama Haji Batam.

"Tadi pagi pak bupati Kampar melepas keberangkatan kloter 8 dan sekitar pukul 10.30 Wib, pesawat Saudi Arabian lepas landas dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam," katanya.

Pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5133 dari bandara di Batam menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Abdul Aziz Madinah membawa 433 orang jamaah calhaj dan ditambah lima orang petugas kloter.

"Ke-443 orang calhaj Provinsi Riau itu terdiri dari 279 orang jamaah asal Kampar, lalu 112 orang Pekanbaru dan 52 orang jemaah Kepulauan Meranti," jelas Azis.

Berdasarkan data Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam pada musim haji 1436 Hijriah/2015 Masehi embarkasi tersebut akan memberangkatkan 8.911 orang jamaah calhaj dari empat provinsi.

Rinciannya adalah 795 orang calhaj asal Kepulauan Riau (kloter 1 dan kloter 15), 4.036 calhaj Riau (kloter 2-10 dan kloter 20), 1.872 calhaj Kalimantan Barat (kloter 11-15) dan 2.108 calhaj dari Jambi (kloter 16-20). (Ant)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »