Polda Klarifikasi Insiden Di SD Rokan Hulu

Dibaca: 27126 kali  Kamis,27 Agustus 2015
Polda Klarifikasi Insiden Di SD Rokan Hulu
Ket Foto :

RADARPEKANARU.COM- Kepolisian Daerah Riau mengklarifikasi insiden pelemparan gas air mata di Sekolah Dasar Negeri 001 Pasir Pangaraian saat Polres Rokan Hulu menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) simulasi pengamanan pemilihan kepala daerah serentak.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Rabu, mengatakan bahwa gas air mata yang digunakan dalam Latpraops simulasi pengamanan pilkada tersebut tidak mengenai siswa yang sedang melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

"Gas air mata yang digunakan dalam Latpraops simulasi hanya mengenai petugas hingga mengakibatkan latihan menjadi tidak terkendali. Petugas yang matanya pedih akibat gas air mata lalu pergi mencari air di lingkungan sekolah untuk membersihkan mata," jelas Guntur.

Klarifikasi ini disampaikan Guntur setelah pada Rabu siang jajaran Polres Rokan Hulu melaksanakan kegiatan simulasi di lapangan Taman Kota Pasir Pangaraian. Sementara lokasi tersebut berada tidak jauh dari SDN 001 Pasir Pangaraian.

Pada saat latihan berlangsung, tiba-tiba terjadi letusan gas air mata dan sejumlah petugas yang sedang berlatih terkena imbasnya.

Akibatnya keadaan menjadi tidak terkendali setelah petugas berhamburan mencari air untuk membersihkan mata yang perih.

"Sebagian dari mereka berlarian ke arah kantin sekolah untuk mencari air dan sempat membuat jajanan sekolah menjadi jatuh berantakan," ujarnya.

Sementara itu, dikabarkan akibat insiden tersebut sejumlah siswa sempat terkena gas air mata yang meletus.

Namun begitu, ia memastikan bahwa tidak ada siswa yang terkena dampak letusan gas air mata. "Tidak ada siswa yang terkena. Hanya petugas yang terkena gas air mata tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengakui bahwa terdapat kesalahan prosedur dimana petugas tidak melakukan pemberitahuan kepada pihak sekolah dan masyarakat pada saat akan melaksanakan kegiatan Latpraops tersebut. Untuk itu ia mengatakan Kepala Polres Rohul telah meminta maaf atas kejadian tersebut dan telah menggganti rugi kerusakan yang ditimbulkan akibat insiden tersebut.(ANT)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »