Kampus ISTPN Pekanbaru Kucurkan Beasiswa Rp 750 Juta untuk Warga Nias

Dibaca: 22843 kali  Selasa,25 Agustus 2015
Kampus ISTPN Pekanbaru Kucurkan Beasiswa Rp 750 Juta untuk Warga Nias
Ket Foto : Ketua Yayasan EMIL, Afriyandi Anas dan Ketua Umum DPP IKNR meneken MoU beasiswa warga Nias, disaksikan oleh Plt Gubri, Andi Rahman, Sabtu (22/8) kemarin

RADARPEKANBARU.COM- Yayasan Pendidikan Eka Mandiri Insan Lestari (EMIL) yang mewadahi kampus Institut Sains dan Teknologi Pembangunan Nusantara (ISTPN) Pekanbaru meneken nota kesepahaman dengan DPP Ikatan Keluarga Nias Riau (IKNR), Sabtu (22/8). MoU tersebut berisikan kesepakatan peningkatan sumber daya manusia, yakni pemberian beasiswa pendidikan khusus sarjana dan diploma bagi warga asal Nias di Provinsi Riau. Nilai beasiswa yang ditawarkan yakni mencapai Rp 750 juta, untuk jangka waktu lima tahun.

"MoU ini sebagai bentuk kepedulian dunia pendidikan yakni ISTPN dalam peningkatan sumber daya manusia di Riau. Karena, dengan pendidikan kita mampu mengatasi kesenjangan sosial dan meningkatkan kompetensi," kata Ketua Yayasan EMIL, Afriyandi Anas usai penandatanganan MoU di sela-sela pelantikan pengurus DPP IKNR periode 2015-2019 di Hotel Jatra Pekanbaru, Sabtu kemarin.

Penandatanganan MoU disaksikan langsung oleh Plt Gubernur Riau, Arsyajuliandi Rachman dan tokoh nasional Mayjen TNI Christian Zebua. Dari pihak DPP IKNR, MoU diteken oleh Ketua Umum, Sefianus Zai.

Yan, sapaan Afriyandi menjelaskan, pemberian beasiswa dilakukan dalam bentuk dana pendidikan sarjana dan diploma. Di mana ISTPN akan menanggung biaya perkuliahan sebanyak 30 warga Nias yang direkomendasikan IKNR tiap tahunnya. Beasiswa diberikan dalam bentuk pembebasan (gratis) biaya perkuliahan selama dua semester (1 tahun). Biaya perkuliahan SPP per semester sebesar Rp 2,5 juta atau Rp 5 juta selama dua semester. Dengan jumlah 30 mahasiswa, maka selama setahun, beasiswa yang diberikan sebesar Rp 150 juta. Itu artinya, selama lima tahun masa MoU, beasiswa yang diberikan senilai Rp 750 juta.

Yan menjelaskan, ISTPN konsisten untuk membangun SDM Riau, khususnya bagi keluarga yang tidak mampu dari segi ekonomi. Pihaknya juga membuka kesempatan kepada organisasi atau mitra-mitra lain untuk melakukan hal serupa.

"ISTPN adalah kampus kerakyatan," kata Yan.

Ketua Umum DPP IKNR, Sefianus Zai menjelaskan, MoU ini merupakan langkah awal organisasi untuk meningkatkan SDM para anggotanya. Ia mengakui, selama ini tingkat pendidikan anggotanya perlu ditingkatkan sehingga dapat lebih berkiprah dalam pembangunan di Riau.

"Kami menyampaikan terima kasih atas perhatian ISTPN dalam peningkatan SDM para anggota IKNR. Semoga MoU ini dapat terlaksana dengan baik," jelas Sefianus. (*)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »