Dugaan Korupsi Pengadaan Alat Popnas Riau

Kajari Pekanbaru Tetapkan Oknum PNS Dispora Sebagai Tersangka

Dibaca: 20447 kali  Jumat,03 Juli 2015
Kajari Pekanbaru Tetapkan Oknum PNS Dispora Sebagai Tersangka
Ket Foto : Ilustrasi

RADARPEKANBARU.COM - Akhirnya, penyidik Kejaksaan Negeri (Kajari) Pekanbaru menetapkan seorang pengawai negeri sipil (PNS) di Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Riau sebagai tersangka.

PNS Dispora Riau berinisial YS, yang merupakan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pada kegiatan pengadaan alat olahraga POPNAS 2011 lalu. Ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi pengadaan alat pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Riau. Karena yang bersangkutan telah terpenuhi fakta-fakta dan alat bukti.

Demikian hal itu diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pekanbaru, Edy Birton SH kepada para wartawan, Kamis (2/7)

"Penetapan tersangka terhadap YS dilakukan setelah penyidik mematikannya melalui proses penyelidikan dan penyidikan. Dimana YS saat itu menjabat sebagai PPTK kegiatan pengadaan alat olahraga POPNAS 2011 lalu," ujar Edy Birton.

Terkait statusnya sebagai tersangka, kita belum melakukan penahanan terhadap YS," sambung Edi

Dikatakan Edi lagi, Kemungkinan akan adan penetapan tersangka lainnya. Karena, dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) bisa saja dilakukan lebih dari satu orang.

"Kemungkinan ada tersangka lainnya, tergantung perkembangan penyidikan. Bisa saja ada yang ainnya tersangkut," jelasnya.

Terhadap YS sendiri, penyidik telah melakukan pemeriksaan ketika masih proses penyelidikan, dan penyidikan.

Selain itu, penyidik telah meminta BPK melakukan audit kerugian negara. Alhasil diperoleh total kerugian negara mencapai lebih dari Rp 500 Juta.

"Alat olahraga yang disediakan ada yang tidak sesuai spesifikasi," lanjutnya.

Atas perbuatannya, YS dijerat dengan Pasal 2 ayat (1), Pasal (3) juncto Pasal 18 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang tipikor," tegas Edi Birton.(radarpku/rtc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »