Satpol Janji Tindak Gepeng Jelang Ramadhan

Dibaca: 17165 kali  Rabu,20 Mei 2015
Satpol Janji Tindak Gepeng Jelang Ramadhan
Ket Foto : Ilustrasi

RADARPEKANBARU.COm - Kepala Badan Satpol PP Pekanbaru, Zulfahmi Adrian mengatakan bahwa menjelang bulan puasa ini pihaknya akan lebih melakukan penertiban terhadap gepeng. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah selama Ramadhan.

"Yang jelas sebelum ramadhan ini kita akan terus menggelar razia, baik itu gepeng, tempat hiburan malam dan panti pijit," ujar Zulfahmi kepada wartawan,Rabu (20/5).

Zulfahmi menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah membahas aturan tentang menyiagakan beberapa personil pada titik-titik lampu merah yang ada di Kota Pekanbaru.

"Personil akan kita siagakan usai lebaran mendatang. Dari pantauan kita ada sekitar 15 titik persimpangan," sebutnya.

Sekitar 15 persimpangan ini kerap dijadikan mangkal bagi gepeng untuk tempat meminta - minta. Sementara di dalam perda aktivitas tersebut jelas melanggar perda no 12 tahun 2008 tentang ketertiban sosial.

"Kita akan berkoordinasi dengan dinas sosial dalam hal pengamanan gepeng nantinya," tambahnya.

Lanjutnya lagi, untuk sanksi yang akan diberlakukan terhadap gepeng yang melanggar perda tersebut. Satpol PP Pekanbaru saat ini tengah mematangkan aturan penerapan sanksi tindak pidana ringan (tipiring).

"Saat ini sedang kita usulkan sistem sanksi tilang terhadap gepeng atau pengemis ini. Hal ini mirip seperti yang diberlakukan polisi lalu lintas. KTP gepeng tersebut akan di tilang, sementara jika gepeng tak memiliki KTP akan ditangkap," jelasnya.

Sanksi tilang ini lanjut Zulfahmi, direncanakan akan diberlakukan tahun ini bagi PKL yang melanggar. Namun, sebelum pemberlakunya maka pihaknya terlebih dahulu melakukan pengkajian.

"Untuk sanksi tilang sendiri diberlakukan karena susahnya menegakan perda lama. Selama ini menyita barang dagangan PKL, menangkap gepeng disosialisasikan namun mereka kembali lagi. Jadi dengan adanya sistem tilang ini, maka kami berharap ada efek jera bagi PKL dan gepeng," bebernya. (radarpku)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »