Bomber Asing Persib Minta Dinaturalisasi?

Dibaca: 23805 kali  Kamis,02 April 2015
Bomber Asing Persib Minta Dinaturalisasi?
Ket Foto :
RADARPEKANBARU.COm - Niat bomber Persib Bandung, Ilija Spasojevic, berseragam tim nasional Indonesia rupanya sudah sangat bulat. Spaso mengungkapkan hasratnya membela panji Indonesia kendati darah Montenegro mengalir di tubuhnya.

Pemain yang memilih menyeberang dari Pelita Bandung Raya (PBR) ke Persib itu mengungkapkan sudah jatuh cinta terhadap Indonesia. Tak mengherankan jika segala hal berbau Indonesia kini mulai akrab dengan dirinya, termasuk kemampuan berbahasa Indonesia yang tergolong cukup fasih.

Spaso sendiri datang ke Indonesia sejak lima tahun lalu untuk membela PSM Makassar di kompetisi Indonesia Premier League (IPL). Sepanjang itu pula Spaso akhirnya berjodoh dengan perempuan Indonesia yang dinikahinya pada tahun 2014 dan sudah dikaruniai satu orang anak.

"Jika ada kesempatan, saya ingin sekali menjadi warga negara Indonesia. Jika ada yang meminta, saya akan langsung ambil kesempatan itu dan kenapa tidak? Istri saya orang Indonesia dan selama tinggal di sini saya cukup belajar kultur kehidupan masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Pemain berusia 27 tahun itu menegaskan, niatnya menjadi WNI jangan pernah diragukan. "Saya serius soal ini dan jangan dianggap main-main. Selama lima tahun tinggal di sini, saya selalu menyimpan keinginan itu dan istri saya sangat mendukungnya," tegasnya.

Meski begitu, satu hal yang perlu diingat Spaso untuk mendapatkan perlakuan istimewa dari pemerintah Indonesia adalah pembuktian kualitasnya sebagai pesepakbola memang pantas diganjar dengan paspor Indonesia. Hal itu disadari Spaso dan Persib menurut dia adalah tempat yang tepat untuk membuat cita-citanya terwujud.

"Saya sudah bicara dengan coach (Djadjang Nurdjaman), kata dia untuk menjadi pemain naturalisasi sangat panjang prosesnya. Tapi pada dasarnya dia sangat mendukung keinginan saya dan berharap saya membuktikan semuanya bersama Persib. Nasehat coach merupakan motivasi buat saya," ujar Spaso bertekad.

Belakangan ini, tren naturalisasi belum surut. Terakhir, Bio Paulin Pierre menjadi pemain berdarah asing ke-11 yang mendapatkan paspor Indonesia.(viva)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »