Di Antartika Suhu Capai -93,2 Celcius

Dibaca: 13921 kali  Sabtu,14 Desember 2013
Colorado, (radarpekanbaru.com) - Anda ingin merasakan tempat paling dingin di Bumi? Silakan datang ke jantung Benua Antartika. Di benua beku itu, ada lokasi dengan suhu minus (-) 93,2 Celsius.

Menurut para peneliti yang menemukan tempat terdingin di Bumi itu, angka itu memang masih sementara. Jika peneliti  berhasil memperbaiki data dari berbagai sensor thermal ruang melalui satelit, kemungkinan mereka akan menentukan angka pasti yang bahkan lebih dingin.

Seperti dilansir BBC baru-baru ini, rekor suhu terendah yang pernah tercatat sebelumnya adalah -89,2 Celcius. Lokasinya  juga berada di Antartika. "Ini adalah suhu yang sangat rendah dan sulit untuk dibayangkan," kata Ted Scambos dari pusat data salju dan es Amerika Serikat di Boulder, Colorado.

Titik ini 50 derajat lebih dingin daripada suhu di Alaska atau Siberia. Suhu yang tercatat di jantung Antartika itu juga 30 derajat lebih dingin dari puncak Greenland. "Hal ini membuat cuaca dingin di beberapa tempat di Amerika Utara sekarang tampak sangat jinak," katanya.

Temuan baru tentang suhu terdingin di Antartika itu  disampaikannya dalam forum Perserikatan Ahli Geofisika Amerika (AGU), yang merupakan ajang tahunan terbesar ilmuwan Bumi. Scambos dan peneliti lainnya telah memeriksa catatan data dari satelit yang mengorbit di kutub selama 30 tahun.

Mereka mendapati saat-saat paling dingin di Antartika terjadi pada bulan-bulan musim dingin yang gelap, ketika udara sangat kering sehingga memungkinkan panas terpancar sangat efisien keluar ke angkasa.

Dalam data itu terlihat bahwa tempat-tempat paling dingin ada di sepanjang pegunungan yang menghubungkan titik-titik tinggi atau kubah di pedalaman benua itu. "Udara yang dingin di dekat permukaan mengalir turun karena lebih padat, dan mengalir ke dalam kantong topografi sangat dangkal," jelasnya.(adr/jpnn)

Editor : Alamsah
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »