Liga Champions: Barcelona vs Manchester City

Duel Raksasa, Siapakah Yang Tersingkir?

Dibaca: 26934 kali  Rabu,18 Maret 2015
Duel Raksasa, Siapakah Yang Tersingkir?
Ket Foto :
RADARPEKANBARU.COm - Duel dua raksasa benua biru kembali tersaji di leg kedua  babak 16 besar Liga Champions musim ini saat Manchester City bertandang ke markas Barcelona. Laga yang bakal digelar di Camp Nou, dijadwalkan bergulir pada Kamis (19/3/2015) dini hari WIB.

Laga ini akan menjadi laga hidup mati bagi jawara Liga Premier Inggris. Kalah 2-1 di leg pertama yang dihelat di Etihad Stadium 24 Februari lalu, City paling tidak membutuhkan kemenangan 2-0 untuk bisa menuntaskan dendamnya pada Barcelona.

Seperti diketahui, pertemuan City dengan Barca musim ini merupakan laga ulangan Liga Champions musim lalu. Di musim 2013/14, The Citizens harus menerima kenyataan pahit setelah langkahnya terhenti di babak 16 besar.

Musim lalu, di leg pertama City dipermalukan Barcelona di Etihad dengan dua gol tanpa balas. Begitu pula di leg kedua di mana City saat itu juga dipaksa menyerah dengan skor 2-1 di Camp Nou.

City memang masih berpeluang untuk lolos ke babak delapan besar. Akan tetapi, mencuri dua gol di Camp Nou dari Barcelona yang tengah berada dalam performa terbaiknya tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Apalagi di empat pertandingan terakhir, City tumbang sebanyak tiga kali. Kekalahan terakhir dialami skuat besutan Manuel Pellegrini di Liga Premier akhir pekan lalu saat timnya ditumbangkan Burnley di Turf Moor dengan skor tipis 1-0.

Fakta tersebut tentunya mengharuskan Pellegrini meloloskan timnya ke babak delapan besar jika tidak ingin bernasib sama seperti pendahulunya, Roberto Mancini. Karena menurunnya performa The Citizens tersebut, membuat posisi Pellegrini di Etihad terjepit menyusul peluang The Citizens mempertahankan gelar Liga Premier terancam.

Menghadapi Barcelona, formasi 4-2-3-1 mungkin akan diusung manajer asal Cile. Mengandalkan Sergio Aguero di posisi ujung tombak dan tiga gelandang cerdas seperti  Yaya Toure, David Silva dan James Milner, Pellegrini pastinya berharap timnya mampu memporak-porandakan barisan belakang Barcelona.

Untuk memastikan ritme pasokan bola dari belakang ke depan, Frank Lampard dan Jesus Navas mungkin akan diduetkan. Sedangkan di lini belakang, tugas berat menanti sang kapten, Vincent Kompany. 

Ditemani Pablo Zabaleta, Aleksandar Kolarov dan Martin Demichelis, Kompany wajib mengunci pergerakan tiga bintang Barcelona- Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar -yang semakin padu di lini depan Los Cules.

Berbeda dengan City yang tengah dilanda pasang surut, Barcelona bisa dikatakan tengah berada dalam performa terbaiknya. Meraih kemenangan di lima pertandingan terakhir dan mengkudeta Real Madrid dari puncak klasemen sementara La Liga, kepercayaan diri tim asuhan Luis Enrique pastinya tengah melonjak tinggi.

Unggul agregat dan bermain di depan publik sendiri, Barcelona bisa dikatakan sudah menempatkan satu kaki di babak perempat final. Namun menghadapi juara Liga Inggris, Enrique pastinya akan tetap waspada.

Meski hanya membutuhkan hasil imbang tanpa gol untuk meraih tiket ke babak delapan besar, Blaugrana pastinya akan tetap bermain menyerang. Karena bermain defensif, sepertinya bukan menjadi gaya eks pelatih Celta Vigo dan bertentangan dengan filosofi sepak bola yang dijunjung raksasa Catalan.
 
Menjamu The Citizens, Enrique tampaknya tidak memiliki kendala berarti. Selain Douglas dan Thomas Vermaleen yang masih dibekap cedera, semua pemain siap diturunkan.

Nama-nama besar seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar, Andres Iniesta, Jordi Alba dan Gerard Pique pastinya tetap diandalkan Enrique untuk menyingkirkan The Citizens dari kompetisi kasta tertinggi benua biru musim ini.(sc)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »