Mental Juara, Atlet Dayung Riau Sumbang Emas Sea Games

Dibaca: 16865 kali  Sabtu,14 Desember 2013
Naypyitaw, (radarpekanbaru.com) - Kontingen Indonesia bercokol di posisi tiga klasemen sementara perolehan medali SEA Games XXVII Myanmar dengan 10 emas, 17 perak dan 11 perunggu

Beberapa medali yang diraih atlet Merah Putih kemarin, dipersembahkan dari cabang balap sepeda dan dayung.

Satu dari tiga emas dayung kemarin disumbangkan atlet asal Riau, Eka Octarorianus yang berpasangan dengan Anwar Tarra di nomor kano berpasangan (C2) putra.

Hasil tiga emas ini sekaligus membalas kekalahan di hari pertama di mana cabang ini Indonesia gagal menyumbang emas.

Kemarin, dalam lomba di Ngalaik Dam ini, medali emas pertama Indonesia disumbangkan Erni Sokoy yang turun di 1.500 meter perorangan putri.

Erni mencatatkan waktu 2 menit 6,09 detik untuk memastikan emas dalam genggaman. Lalu Spensstuber Mehue yang terjun di kano perorangan (C1) putra 500 putra membukukan 1 menit 59,256 untuk finis pertama.

Emas ketiga dipersembahkan pasangan Anwar Tarra/Eka Octarorianus di nomor kano berpasangan (C2)putra 500 meter. Sementara satu-satunya perak kemarin dipersembahkan kayak beregu (K4) putri 500 meter.

Pelatih kano Indonesia Muhammad Suryadi mengatakan raihan medali dayung saat ini mendekati target. Dibebani empat emas, hingga kemarin kano Indonesia sudah mengumpulkan tiga emas dan empat perak. 

"Anak-anak sudah kerja keras hari ini (kemarin, red). Mendapat tiga medali emas dan satu perak menjadi pengobat kurang suksesnya kami Selasa (10/12) lalu dengan tiga perak," kata Suryadi kemarin.

Erni yang mendapat emas kemarin diakui cukup meningkatkan motivasi bertanding anak-anak yang lain. Setelah Erni mendapat emas, atlet-atlet yang lain seolah kian "bernafsu’" mengejar podium pertama. 

Suryadi juga tak menyangka Erni kemarin bisa menang. Sebab di kategori ini, atlet Singapura lebih unggul. 

Sementara itu, ada enam emas yang diperebutkan hari ini (13/12). Yakni di nomor kayak perorangan putra (K1) 200 meter, kayak perorangan putri (K1) 200 meter, kano perorangan putra (C1) 200 meter, kayak berpasangan putri (K2) 200 meter, kano berpasangan putra (C2) 200 meter, kayak beregu (K4) putri 200 meter.

Sementara medali emas balap sepeda diraih dari kategory XC di nomor tim relay. Cabang yang dipertandingkan di Mount Pleasant ini, kuartet tim Indonesia Wilhelmina Tutuarima, Bandi Sugito, Chandra Rafsanjani dan Kusumawati Yazid mencatatkan waktu 55 menit 48,377 detik untuk jadi yang finis pertama.

Wilhemina merupakan pembala yang membala Riau di PON XVIII Riau lalu. Di belakang Indonesia, Thailand dan Vietnam menguntit masuk finis.

Thailand mengemas total 57 menit 23,117 detik dan Vietnam 58 menit 59,362 detik.(jpnn)

Editor : Alamsah

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »