ISTANBUL, RADARPEKANBARU.COm - Tuah Istanbul kali ini tidak berada di sisi Liverpool. " />

Liga Eropa, Liverpool Tersingkir Dramatis di Istanbul

Dibaca: 22741 kali  Jumat,27 Februari 2015
Liga Eropa, Liverpool Tersingkir Dramatis di Istanbul
Ket Foto :
ISTANBUL, RADARPEKANBARU.COm - Tuah Istanbul kali ini tidak berada di sisi Liverpool. The Reds harus tersingkir dari Europa League setelah tuan rumah Besiktas memastikan langkah ke babak berikutnya memalui drama adu penalti dengan skor 5-4, Jumat (27/2/2015).

Mengantongi keunggulan pada pertemuan pertama malah membuat Liverpool bermain di bawah tekanan. Sempat dapat mengimbangi permainan tuan rumah, namun penampilan lini tengah pasukan Anfield menurun setelah turun minum.

Jalannya pertandingan

Babak pertama

Liverpool datang ke Istanbul dengan keunggulan 1-0 pada pertemua pertama kedua tim. Pertandingan baru berjalan tujuh menit The Reds sudah menikmati penguasaan bola dan Mario Balotelli melakukan diving di dalam kotak penalti lawan. Wasit menghukumnya dengan memberikan kartu kuning.

Memasuki menit 17, tuan rumah terlihat mulai menguasai pertandingan. Namun mereka lebih cenderung menggunakan umpan jauh kepada Demba Ba yang bermain sebagai striker tunggal.Liverpool terlihat begitu kesulitan saat mencoba membongkar pertahanan tuan rumah.

Peluang bagus didapat oleh tim tamu pada menit 25. Raheem Sterling berhasil berada di antara pertahanan Besiktas. Akan tetapi sentuhan pertama bintang muda Anfield itu buruk dan dengan mudah diantisipasi bek lawan. Peluang pun terbuang percuma.

Dua peluang selanjutnya di dapat The Reds dalam interval dua menit. Pertama pada menit 33 setelah Balotelli memberikan sodoran matang ke Daniel Sturridge di dalam kotak penalti. Kedua didapat Alberto Moreno setelah memotong alur serangan tuan rumah. Namun keduanya tidak dapat mengoptimalkan peluang.

Satu-satunya peluang terbaik tuan rumah terjadi pada menit 41. Olcay Sahan mengancam pertahanan Liverpool setelah melewati hadangan Kolo Toure dan melepaskan tendangan kea rah gawang yang masih dapat diantisipasi oleh Simon Mignolet. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Babak kedua

Paruh kedua tuan rumah bermain lebih agresif. Dua tembakan ke arah gawang dilepaskan oleh tim arahan Slaven Bilic pada menit 51 dan 52. Akan tetapi Mignolet masih sigap melakukan penyelamatan.

Dalam 10 menit pertama Liverpool mengalami penurunan permainan. Sterling cs terlihat begitu mudah kehilangan bola. Ancaman kembali dihadirkan tuan rumah melalui tembakan Gokhan Tore pada menit 63 dan belum menghasilkan gol.

Bahkan pada menit 69 Moreno dan Toure harus berjibaku menghalau serangan Besiktas. Kerja sama Arslan dan Demba Ba semakin membuat pertahanan tim tamu kerepotan. Untungnya Moreno dengan sigap turun membantu pertahanan.

Gol! Tolgay Arslan membuat agregat gol sementara 1-1 pada menit 72. Sepakan keras kaki kirinya dari luar kotak penalti menghujam gawang Mignolet. Gol tersebut merupakan kerja s sama efektif dari Tore, Demba Ba, dan diselesaikan dengan cantik oleh pemain pengganti tersebut.

Rodgers merespon dengan melakukan dua pergantian pada menit 76 dan 82. Jordan Ibe dan Balotelli ditarik keluar. Pelatih asal Irlandia Utara tersebut memasukkan Manquillo dan Adam Lallana untuk mencuri gol tandang.

Ba! Nyaris saja membuat Liverpool mengakhiri cerita di Europa League andaikan sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti The Reds tidak digagalkan oleh tiang gawang pada menit 90+2, sekaligus membuat pertandingan berlanjut ke extra time.

Tuan rumah memulai babak tambahan dengan agresivitas tinggi. Permainan ngotot mencari gol kedua diperagakan oleh Demba Ba cs. Dua tembakan dilepaskan pemain Besiktas dalam interval lima menit, beruntung Mignolet masih sigap namun penampilan lini tengah The Reds terlihat menurun.

Liverpool sempat mengancam dengan aksi Sterling dan Sturridge. Akan tetapi umpan dari eks penyerang Chelsea yang mengarah ke Sterling berhasil dibaca dengan baik oleh pertahanan tuan rumah. 15 menit pertama pun berkahir tanpa gol.

Kedua tim melakukan pergantian pemain pada paruh kedua babak tambahan. Liverpool memasukkan Rickie Lambert menggantikan Sturridge. Lambert dikenal dengan eksekutor dingin dari titik 12 pas.

Sedangkan tuan rumah memasukkan Kerim Fei yang menggantikan peran Sahan di lini tengah Besiktas. Pertandingan menyisakan lima menit sebelum harus ditentukan dengan adu penalti.(okz)

Adu Penalti

Demba Ba (Besiktas) gol – Rickie Lambert (Liverpool) gol

Gokhan Tore gol – Adam Lallana gol

Veli Kavlak gol – Emre Can gol

Atiba Hutchinson gol – Joe Allen gol

Arslan gol – Dejan Lovren Gagal

Gagalnya eksekusi Lovren dari titik 12 pas sekaligus mengakhiri langkah Liverpool di Europa League 2014-2015 dengan skor 5-4 (agregat 1-1).

Susunan pemain

Besiktas (4-2-3-1): Cenk Gonen; Serdar Kurtulus, Pedro Franco, Daniel Opare, Necip Uysal; Atiba Hutchinson, Veli Kavlak; Olcay Sahan (Fei 106’), Jose Sosa (Arslan 61’), Gokhan Tore; Demba Ba.

Liverpool (3-4-1-2): Simon Mignolet; Kolo Toure, Martin Skrtel, Dejan Lovren; Jordan Ibe (Manquillo 76’), Emre Can, Joe Allen, Alberto Moreno; Raheem Sterling; Daniel Sturridge (Lambert 105’), Mario Balotelli (Lallana 82’).
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »