Puluhan di Riau, Baru Tiga Resto Hotel Bersertifikat Halal MUI

Dibaca: 20263 kali  Kamis,15 Januari 2015
Puluhan di Riau, Baru Tiga Resto Hotel Bersertifikat Halal MUI
Ket Foto :
RADARPEKANBARU.COm - Direktur LP POM MUI Riau, Sofia Anita Rabu (14/1/15) mengatakan bahwa miris kesadaran pelaku usaha kuliner di Riau. Pasalnya, kesadaran untuk mensertifikasi halal produk makananya sangat minim.

Menurutnya, dari puluhan hotel di Riau, baru 3 hotel yang mensertifikasi halalkan restonya ke MUI Riau. 2 hotel di Pekanbaru dan 1 hotal di Dumai. Bahkan di negeri serambi mekah Kamparpun tidak satupun hotel yang mensertifikasi halalkan restonya.

Bukan hanya itu, tambah Sofia, dari ratusan ribu UKM dan UMKM kuliner di Riau, baru 5 persen yang mensertifikasi halalkan produk makanannya di MUI Riau.

"Padahal, dengan mensertifikasi halalkan produk makanannya maupun usahanya, akan dapat menambah keyakinan konsumen di Riau yang mayoritas muslim untuk berbelanja di tempatnya," terang dosen FMIPA Unri ini.

Terkait dengan hal itu, Sofia mengatakan bahwa pemerintah sudah mengesahkan UU No 33 tahun 2014 tenĂ¾ang sistem jaminan Islam.

"UU no 33 tahun 2014 mewajibkan UMKM dan UKM resto memiliki sertifikasi halal. Tinggal menunggu PP nya, agar bisa dilaksanakan secara tehnis berikut sanksinya" terang Sofia.(rt/rp)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »