Operasi Zebra Pekanbaru Meningkat, 2574 ditilang

Dibaca: 17307 kali  Rabu,10 Desember 2014
RADARPEKANBARU.COM - Hasil Operasi Zebra Polresta Pekanbaru, mengalami peningkatan yaitu berupa tilang terhadap pelanggar sebanyak 3,9% atau sebanyak 2574 tilang. Sementara tahun 2013 hanya 2478 tilang.

"Selain penilangan, penindakan dengan melakukan peneguran sebanyak 356 Teguran dalam operasi Zebra 2014," ujar Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Robert Haryanto Watratan SH SSos MH melalui Kasat Lantas Kompol Zulanda Sik, Rabu (10/12) siang.

Dari total tersebut, paling banyak dilakukan oleh pelanggar yang menggunakan kendaraan roda 2 sebanyak 2121 pelanggar padahal pada tahun sebelumnya hanya 1803 pelanggar roda 2 hal ini menyebabkan tren pelanggaran oleh pengendara roda 2 naik sebesar 17.64%.

"Sedangkan pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi roda 4 pada tahun ini sebanyak 453 dan tercatat mengalami penurunan sekitar 32.9%, " ujarnya.

Target utama dari operasi tahun ini yang merupakan penekanan langsung dari Kapolda Riau yaitu pelanggaran Pengendara yang tidak memakai helm dan melawan arus terbukti masih cukup banyak terjadi di kota pekanbaru, hal ini terlihat dari total tilang yang dikenakan terhadap pelanggar tidak memaki helm.

Hal ini mengalami kenaikan dibanding tahun lalu yaitu jumlahnya 838 dimana pada tahun 2013 sebanyak 449 pelanggaran, dan pelanggaran melawan arus pun mengalami kenaikan yang tadinya pada tahun 2013 sebanyak 134 menjadi 501 pelanggaran yang dilakukan penindakan.

"Memang terjadi kenaikan penindakkan terhadap TO yang telah di tetapkan, karena memang kita fokuskan kearah pelanggaran tersebut selama operasi ini," terang Zulanda.

Operasi Zebra ini terbilang cukup berhasil dibanding tahun lalu, hal ini dapat terlihat dari turunnya angka kejadian laka lantas maupun angka fatalitas laka lantas yang terjadi selama operasi berlangsung.

Kecelakaan lalu lintas yang pada tahun 2013 pada saat operasi yang sama berlangsung terdapat 7 kejadian laka lantas dimana korbannya 4 orang meninggal dunia, 2 luka berat, 10 luka ringan serta kerugian materil sebanyak Rp. 5.150.000,-.

Sedangkan pada tahun ini kecelakaan lalu lintas hanya 4 kejadian dimana 1 orang meninggal dunia, 1 luka berat, 3 luka ringan serta kerugian materil sebanyak Rp. 4.300.000,- persentase penurunannya dibanding tahun lalu sebanyak 42.9%.

Dengan angka laka lantas yang turun hampir setengahnya dibanding tahun lalu, ia mengharapkan kamseltibcar Lantas pada saat operasi berlangsung ini dapat dipertahankan dan berlanjut sampai kedepannya, "kami berterima kasih kepada masyarakat yang turut mendukung berjalannya operasi zebra tahun ini, semoga masyarakat dapat sadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas tidak hanya pada saat operasi saja tetapi juga seterusnya. Polresta Pekanbaru akan terus meningkatkan giat preventif dan penegakan hukum untuk menjaga kamtibmas kota Pekanbaru menjelang malam Natal dan malam tahun baru." Tambahnya.(Zi)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »