RADARPEKANBARU.COM - Terkait banyaknya badan usaha seperti Hotel serta perbankan yang tidak mengantongi izin lingkungan namun sudah berdiri di Kota Pekanbaru.
" />

Banyak Hotel dan Perbankan Tak Mengantongi Izin Lingkungan

BPT-PM Pekanbaru Sebut Sudah Sesusai Prosedur

Dibaca: 15316 kali  Rabu,05 November 2014
BPT-PM Pekanbaru Sebut Sudah Sesusai Prosedur
Ket Foto : Ir. H. Musa
RADARPEKANBARU.COM - Terkait banyaknya badan usaha seperti Hotel serta perbankan yang tidak mengantongi izin lingkungan namun sudah berdiri di Kota Pekanbaru. Menurut pihak Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal (BPT-PM) Kota Pekanbaru, jika selama ini izin yang dikeluarkan oleh BPT sudah sesuai prosedur. 

"Ketika masyarakat mengurus izin kesini. Mereka harus melengkapi berbagai persyaratan, jika tidak lengkap. Maka perizinannya tidak akan dikeluarkan. Jadi untuk hotel Star City saya tidak tahu.  Apakah hotel ini ada memiliki izin lingkungannya atau tidak. Pasalnya hotel tersebut sudah berdiri sebelum perda no 8 tahun 2012 tentang izin lingkungan dari BLH,"ujar Kepala BPT Pekanabru, Musa, kepada Radarpekanbaru.com, Rabu(6/11/14) diruang kerjanya.  

Ia menambahkan, dalam perda tersebut memang disebutkan salah satunya adalah rekomendasi izin lingkungan dari instansi terkait seperti BLH. 

"Kalau dia hotel, tentu harus ada izin lingkungan yakni rekomendasi dari BLH. karena ini merupakan salah satu syarat dalam perda. Jika tidak ada maka BPT tidak akan mengeluarkan izinnya," paparnya.

Lanjutnya, Untuk pembinaan dan pengawasan dilapangan lanjut Musa hanya bisa dilakukan oleh BLH. Pasalnya BPT hanya bisa melakukan koordinasi dan sifatnya sebagai operator perizinan.

"Jadi BLH lah yang harusnya pro aktif kesana. Jika pengusaha masih membandel, mereka silahkan melayangkan surat ke Walikota untuk melakukan penyegelan. Sedangkan yang bisa melakukan penyegelan itu Satpol PP bukan BPT,"jelasnya. 

Meskipun itu bukan kewenangan BPT lanjut Musa, pihaknya bisa tidak mengeluarkan izin pada saat pengusaha melakukan perpanjangan izin. 

"Saat perpanjangan izin, kita baru bisa bertindak yakni meminta pengusaha untuk memenuhi semua syaratnya. Jika tidak ada izin, tentu tidak akan kita layani. Sedangkan Izin SITU ini berlaku selama 5 tahun," Jelasnya. (Nof)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »