KPU Riau : Partisipasi pada Pigubri Putaran Dua Merosot

Dibaca: 11831 kali  Sabtu,30 November 2013
KPU Riau : Partisipasi pada Pigubri Putaran Dua Merosot
Ket Foto : Ketua KPU Riau Tengku Edi Sabli
Pekanbaru, (radarpekanbaru.com)-Ketua KPU Riau Tengku Edi Sabli mengatakan, tingkat partisipasi pemilih pada pilgubri putaran dua rendah dibanding dari pertama.

"Tingkat partisipasi pemilih pada pemungutan suara pada pilgubri putaaran II merosot tajam dibandingkan putaran pertama lalu," ujar T Edi Sabli, Jumat (29/11/2013).

Dikatakan, tingkat partisipasi pemilih pada putaran kedua diperkirakan 50 persen, padahal putaran pertama lalu tingkat partisipasi mencapai 61,3 persen.

Namun, sejauh ini KPU belum bisa secara detil memastikan angka dan persentasenya. Sebab proses rekapitulasi dan perhitungan suara masih berlangsung.

"Berdasarkan informasi dan laporan yang diterima, tingkat partisipasi tersebut sangat jauh berkurang," akuinya.

Menurutnya, hal itu terjadi karena kejenuhan masyarakat terlibat dalam proses politik  walaupun sosialisasi yang dilakukan kurang akibat minimnya dana.

Edi Sabli merasa keberatan jika tingginya angka golongan putih (golput) disebabkan minimnya sosialisasi. "Semua pihak sudah gencar melakukan sosialisasi dengan mengajak pemilih untuk menyalurhkan hak suara," katanya.

Dikatakan, kecendrungan golput meningkat pada pemilu lanjutan tidak hanya terjadi di Riau tapi juga berlangsung secara nasional.  (adr/slt)

Editor : Ramli
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »