Masa Efektif TPA Muara Fajar Penuh, DKP Akan Bangun TPA Baru

Dibaca: 17167 kali  Jumat,05 September 2014
Masa Efektif TPA Muara Fajar Penuh, DKP Akan Bangun TPA Baru
Ket Foto : Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT Tinjau TPA Muara Fajar.
RADARPEKANBARU.COM - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pekanbaru berencana menambah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah untuk menampung sampah yang ada di Pekanbaru. Sebagai kota besar, Pekanbaru memiliki siklus sampah yang cukup besar.

Dalam sehari, Pekanbaru menghasilkan tujuh hingga delapan ton sampah rumah tangga dan industri. Sementara itu, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang berada di Muara Fajar telah hampir habis masa efektifnya. Karena idealnya, masa efektif TPA adalah 30 tahun.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pekanbaru, Zulkifli, mengatakan bahwa kondisi TPA di Muara Fajar memang sudah tua. Usianya sendiri sudah lebih 30 tahun dan lewat masa efektif.

"Kita mengakui masa efektif TPA kita sudah lewat. Namun masa tersebut adalah masa normal. Untuk penggunaan teknologi pengolahan sampah, waktu efektifnya bisa diperpanjang," jelas Zulkifli, Jumat(05/09/2014).

Untuk mengatasi itu, Zulklfli telah menerapkan beberapa teknik pengolahan sampah di TPA tersebut seperti pemisahan sampah, pembuatan kompos, daur ulang, dan sebagainya.

"Kita telah menggunakan teknologi agar untuk sementara, TPA tersebut masih dapat dipergunakan menjelang adanya TPA baru," ujarnya.

DKP telah merencanakan bahwa pada tahun ini akan dibangun lahan baru untuk dijadikan TPA. Kawasan Muara Fajar kembali dijadikan lahan untuk pembuatan TPA tersebut.

"Kita telah melakukan survei. Kita memutuskan kawasan seluas 10 hektar di Muara Fajar. Kita pilih kawasan itu karena disana masih ada tanah kosong dan tidak mengganggu lalu lintas serta aktifitas lain," Zulkifli.(ram)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »