Lima Kebiasaan yang Wajib Ditanamkan pada Anak

Dibaca: 2906 kali  Sabtu,28 November 2020
Lima Kebiasaan yang Wajib Ditanamkan pada Anak
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM -- Anak-anak mengalami serangkaian perubahan selama masa pertumbuhan mereka. Di antara berbagai faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan mereka, baik kesehatan maupun kepribadian, adalah lingkungannya.

Orang tua terbukti menjadi salah satu pengaruh paling menonjol bagi mereka. Karenanya peran orang tua dalam pembentukan karakter anak sangatlah penting. Melansir laman Times Now News, Ahad (15/11) berikut lima kebiasaan baik yang harus diajarkan orang tua pada anak.

1. Mendorong makanan penuh warna
Makanan yang penuh warna mengacu pada piring yang padat nutrisi dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh anak-anak di masa pertumbuhan mereka. Orang tua dapat mengolah sayur, buah menjadi lebih menarik sehingga anak tertarik menyantapnya.

2. Membaca
Menanamkan kebiasaan membaca pada anak bukanlah perkara gampang. Anda dapat mendorong kebiasaan ini dengan mengajak anak membaca cerita pada siang hari atau sebelum tidur. Cobalah untuk memilih buku yang menarik secara visual agar menarik bagi anak Anda.

3. Menjadi aktif secara fisik
Dengan teknologi yang terus berkembang dan berubah serta pandemi yang melanda, aktivitas fisik anak tentu berkurang. Ketidakaktifan fisik ini dapat menyebabkan berbagai masalah seperti lemahnya penglihatan, obesitas, gangguan perhatian, dan sulit tidur. Anda dapat menghindari ini dengan mendorong anak-anak Anda untuk melakukan latihan fisik di rumah maupun permainan otak untuk membantu pertumbuhan kognitif.

4. Mengembangkan hobi
Hobi memainkan peran penting dalam membentuk kepribadian orang. Dorong anak Anda untuk mengeksplorasi pilihan mereka dan menemukan sesuatu yang benar-benar mereka sukai. Hobi dapat memberikan dampak positif pada pikiran, sehingga memudahkan anak Anda untuk bersikap optimis.

5. Tetap terhidrasi
Konsep hidrasi masih sering disalahartikan oleh kebanyakan orang. Minuman berperisa tidak bisa digunakan sebagai pengganti air putih. Karenanya penting untuk mengajari anak dalam mengembangkan kebiasaan minum air setiap harinya.(rep)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »