Langkah Konkret Pemprov Riau Tangani Pasien Covid-19

Dibaca: 2476 kali  Selasa,22 September 2020
Langkah Konkret Pemprov Riau Tangani Pasien Covid-19
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengklaim saat ini telah melakukan langkah konkret untuk memutus penyebaran Covid-19 di Riau, yang mengalami peningkatan signifikan.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, dalam penanganan pasien Covid-19 di Riau pihaknya telah mendapat perintah dari Gubernur Riau untuk segera menyiapkan fasilitas kesehatan agar penanganan pasien Covid-19 bisa cepat.

"Langkah konkret kita menambah ruang ICU, tadi pak Gubernur juga sudah menyampaikan bahwa semua rumah sakit harus menambah kapasitas ruang ICU dan ruang isolasi," kata Mimi Nazir, Senin (21/9/2020).

Selain itu, lanjut Mimi, langkah konkret lainnya pihaknya akan mempersiapkan ketersediaan obat-obatan, bahan habis pakai, dan Alat Pelindung Diri (APD) tenaga kesehatan.

Kemudian, pihaknya juga akan memanfaatkan ruang isolasi mandiri yang disiapkan oleh pemerintah seperti hotel dan lainnya. 

"Dengan begitu ke depan tidak terjadi lagi transmisi (klaster) keluarga. Karena dengan isolasi mandiri di rumah, maka akan cepat terjadi transmisi keluarga jika kondisi rumah kurang layak untuk isolasi mandiri," terangnya. 

Sebab menurutnya, jika pasien Covid-19 gejala ringan atau Orang Tanpa Gejala (OTG) melakukan isolasi mandiri di rumah kurang menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sehingga dikhawatirkan berdampak terhadap yang lainnya.

"Kita khawatir akan terjadi transmisi keluarga yang lebih besar. Itulah gunanya isolasi mandiri yang pemerintah siapkan. Karena kebanyakan kasus Covid-19 di Riau adalah kontak erat dengan kasus sebelumnya yang isolasi mandiri di rumah," ujarnya.

Apalagi menurut Mimi, saat ini Rate of Transmission (RT) atau rasio penularan

Covid-19 di Riau 1,25. "Artinya 1 orang bisa menyebarkan atau menularkan 1-2 orang," pungkasnya. 

Untuk diketahui angka kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau terus meningkat. Bahkan hari ini kasus positif di Riau mencapai 160 kasus.(ckc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »