Partai Baru Amien Rais Usung Asas Islam Rahmatan Lil Alamin

Dibaca: 2433 kali  Jumat,11 September 2020
Partai Baru Amien Rais Usung Asas Islam Rahmatan Lil Alamin
Ket Foto :

 

RADARPEKANBARU.COM -- Mantan Ketua Umum PAN Amien Rais buka suara mengenai rencana pembentukan partai politik baru di Indonesia. Setelah belakangan ini hanya para loyalisnya yang berbicara, ia akhirnya membeberkan soal pembentukan partai baru.

 

Amien menjelaskan bahwa partai tersebut kini sudah memiliki asas dan semboyan. Partai baru itu, kata Amien, akan memiliki semboyan lawan kezaliman dan tegakkan keadilan. Sementara, Islam Rahmatan lil Alamin akan menjadi asas bagi partai barunya tersebut.

 

"Asas partai adalah Islam rahmatan lil alamin. Islam melarang diskriminasi atas apapun. Sementara semboyan kami adalah lawan kezaliman dan tegakkan keadilan," kata Amien yang ditayangkan di kanal Youtube Amien Rais Official, Kamis (10/9) malam.

 

Amien sendiri masih merahasiakan nama dan logo resmi partai tersebut. Ia juga tak menjelaskan kapan partai baru tersebut akan dideklarasikan.

 

Pembentukan partai politik baru Amien Rais itu diklaim tak hanya berorientasi pada kekuasaan semata. Amien bercerita bahwa latar belakang pendirian partai baru tersebut karena melihat pelbagai keprihatinannya terhadap kondisi pemimpin di Indonesia saat ini.

 

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu menilai rezim yang sedang berkuasa saat ini justru makin jauh dari harapan rakyat. "Semakin jauh atau menjauhi nilai-nilai moral atau etika atau akhlak yang baik dan adiluhung," kata Amien. Tak hanya itu, Amien juga melihat keprihatinan Indonesia kini menunjukkan indikasi berada diambang krisis, baik krisis sosial, politik dan ekonomi.

 

Amien menilai kelompok miskin di Indonesia merasakan kehidupan yang makin merana. Masyarakat miskin, kata Amien, hanya ingin melihat masa depan yang lebih cerah, adil dan lebih egaliter di Indonesia ini.

 

"Ekonomi yang semakin buruk, suram dan bisa bisa menuju resesi berat ke arah depresi, mudah-mudahan tidak," kata Amien. Kabar Amien akan membentuk parpol baru sudah terdengar sejak Maret 2020. Politikus PAN kala itu, Asri Anas menjelaskan bahwa sejumlah kader dan tokoh PAN mendorong agar Amien Rais membentuk partai politik baru.

 

Asri menyatakan dorongan tersebut telah diusulkan oleh ratusan DPD dan DPW PAN serta ribuan tokoh yang pernah terlibat di PAN dan tokoh Muhammadiyah. Loyalis Amien, Agung Mozin bahkan menjelaskan Amien sudah menyiapkan nama dan logo bagi partai barunya tersebut. Nama Partai PAN Reformasi digadang-gadang menjadi nama parpol besutan amien tersebut.

 

Meski begitu, dia menyatakan bahwa PAN di dalam nama Partai PAN Reformasi bukan merupakan singkatan dari Partai Amanat Nasional.


Salah satunya diungkapkan oleh putra Amien Rais, Mumtaz Rais. Bahkan, ia menyatakan akan berenang dari Pantai Kapuk, Jakarta hingga Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) jika PAN Reformasi yang sedang dirumuskan ayahnya itu terbentuk.Ketidakpercayaan pada rencana pembentukan PAN Reformasi turut dilontarkan oleh para politikus PAN belakangan ini. PAN sendiri selama ini identik dengan Amien Rais karena sempat memimpin partai politik tersebut.

 

Mumtaz pun berani bertaruh tak ada satupun kader PAN yang berniat meninggalkan partai berlogo matahari tersebut ke partai bentukan ayahnya nanti, terutama kader-kader yang saat ini memegang jabatan publik.(cnn)

.

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »