Wako : Sejumlah Titik Kota Akan Disulap Menjadi Kawasan City Walk 2015

Dibaca: 18207 kali  Rabu,20 Agustus 2014
Wako : Sejumlah Titik Kota Akan Disulap Menjadi Kawasan City Walk 2015
Ket Foto : Ilustraasi
RADARPEKANBARU.COM - Upaya-upaya gemilang terus dibenahi, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menjadikan sejumlah titik kota menjadi kawasan City Walk di Tahun 2015. Langkah pertama yang akan dilakukan oleh Pemko adalah membuat pedestarian serta fasilitas bagi pejalan kaki.

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT mengatakan bahwa pembangunan ini akan dimulai dari rumah dinas Walikota Pekanbaru hingga Jalan Agus Salim.

"Untuk mempercepat fasilitas ini, kita akan mulai secara simultan yang diawali dari kediaman hingga Pasar Agus Salim. Untuk itu, saya minta kepada Dinas Pasar, Ketua RT/RW, lurah dan camat bersama pedagang berkoordinasi. Khususnya untuk merapikan kawasan itu," ujar Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Rabu (20/08/2014).

Menurut Wako, kawasan Agus Salim memang tetap difungsikan sebagai pasar. Tapi bukan jenis pasar basah seperti fungsinya selama ini. Yang diinginkan Pemko adalah pasar wisata. Dia mengaku punya impian, kota lama seperti Jalan Sudirman, Agus Salim, Ahmad Yani menjadi kawasan berkonsep city walk atau Malioboronya Pekanbaru.

Selain penataan jalan Agus Salim, tahun ini dari depan kediaman dinas Walikota sampai kedepan Gereja Santa Maria juga dibangun trotoar pedestrian. Pedestrian juga akan dibuat disepanjang jalan HOS Cokroaminoto ke Jalan Sudirman, lalu jalan Agus Salim-Kopi-Imam Bonjol.

Pedagang di sepanjang jalan Teratai dan Seroja pun akan ditertibkan. Apalagi di sepanjang jalan itu banyak pemilik toko yang mengeluarkan meja display-nya sampai ke luar.

"Kami memperbolehkan mereka berjualan. Tapi barang dagangannya jangan dipajang sampai ke luar toko. Karena hal itu bisa mengganggu pejalan kaki,"ungkapnya.

Dengan pembangunan pedestrian itu, kawasan kota lama jadi tempat yang lebih bersih, sehat dan suasananya hidup baik siang maupun malam hari. Alhasil, kawasan-kawasan itu menjadi pusat keramaian dan kunjungan masyarakat.(ram)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »