Berniat Khatam Alquran Selama Ramadhan? Ini Caranya

Dibaca: 3389 kali  Kamis,30 April 2020
Berniat Khatam Alquran Selama Ramadhan? Ini Caranya
Ket Foto : ilustrasi internet

RADARPEKANBARU.COM -- Telah dikatakan bahwa segala sesuatu memiliki kekasih. Begitu pula bulan Ramadhan yang kekasihnya adalah Alquran yang mulia. Tak heran, umat Islam berkeinginan menyelesaikan baca Alquran selama Ramadhan tahun ini. Untuk membantu mewujudkannya, terdapat delapan langkah yang bisa dilakukan sebagaimana ditulis laman About Islam, Senin (27/4).

Kuatkan niat

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita pentingnya niat atau tujuan seseorang. Sebab, dengan niat yang kuat maka akan efektif dalam pelaksanaan.  Setelah niat ditetapkan, ingatlah untuk sering memperbaruinya. Setelah membaca beberapa ayat atau bahkan setelah menyelesaikan 30 juz, ingat lagi niat Anda. Luruskan niat Anda secara terus-menerus demi mendapatkan rahmat-Nya. 

Jangan jadikan beban

Jangan merasa sulit dengan jumlah ayat dan juz. Hapus kata "Saya tidak bisa" dari kosakata Anda dan hilangkan pemikiran negatif. Sebab karena orang beriman menaruh kepercayaan pada Allah disertai perjuangan dengan tindakan mereka.

Buatlah perencanaan

Sesuaikan perencanaan waktu membaca Alquran Anda dengan waktu bekerja dan waktu beristirahat. Struktur terbaik adalah dengan membagi masing-masing juz per hari ataupun beberapa hari. Buatlah rencana pribadi ini, tinjau terus-menerus, dan laksanakan!

Kapan sebaiknya mulai? Lakukan sedari awal. Mulailah membaca Alquran sejak awal Ramadhan dengan sungguh-sungguh. Bisa dimulai dari Surah Al-Fatihah dan Surah Al-Baqarah. 

Pahami arti setiap ayat yang Anda baca

Mengetahui tema, topik, pesan, dan makna dari apa yang Anda ucapkan menjadikan kegiatan membaca Alquran sebuah pengalaman yang sangat meneguhkan yang tidak ingin Anda lewatkan.

Temukan seorang sahabat Quran Anda

Kembangkan kedekatan dengan saudara atau saudari yang juga sedang ingin mengkhatamkan Alquran pada Ramadhan kali ini. Jadikan dia sebagai teman membaca sekaligus saingan dalam menyelesaikan setiap juz. Sebuah persaingan demi kebaikan.

Gunakan setiap kesempatan

Jika Anda banyak berkegiatan di luar rumah, bawalah Alquran ukuran saku. Saat luang, sempatkan membacanya. 

Momen yang paling tepat untuk dimanfaatkan adalah seusai sahur. Setelah imsak dan shalat subuh, Anda masih punya waktu satu atau dua jam sebelum mulai bekerja. Sebaiknya gunakan untuk membaca Alquran.

Nabi Muhammad juga telah meminta kepada Allah agar memberkati umatnya di dini hari. Penelitian menunjukkan belajar di kala subuh membuat murid menjadi lebih baik di sekolah. Selain itu, Anda juga memanfaatkan momen seusai sholat lima waktu untuk membaca Alquran. Bacalah enam-delapan halaman setiap usai shalat. 

Jika bisa, laksanakan shalat malam dan baca juga enam-delapan halaman setelahnya. Jika membaca seusai ritme shalat ini dijalankan secara konsisten, Insya Allah lima hari sebelum akhir Ramadhan Anda sudah khatam.

Jaga konsistensi

Sebab kunci keberhasilan untuk menamatkan Alquran di akhir Ramadhan adalah konsistensi. Setelah Anda memetakan rencana Anda, patuhi itu.

Berdoalah kepada Allah

Tidak ada yang dapat dicapai tanpa bantuan dan bimbingan Allah. (rep)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »