Walikota Berharap PLTGU Bisa Penuhi Krisis Listrik Pekanbaru

Dibaca: 20258 kali  Kamis,14 Agustus 2014
Walikota Berharap PLTGU Bisa Penuhi Krisis Listrik Pekanbaru
Ket Foto : Walikota Firdaus MT didampingi Pimpinan PLN dan GM PGN, sedang menjelaskan tingginya kebutuhan Listrik di Pekanbaru, Kamis (14/8).
RADARPEKANBARU.COM - Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT sangat berharap banyak dari  pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) di Kawasan Industri Tenayan Raya (KIT) yang saat ini sedang digesa pembangunannya.

Hal itu diungkapkan Walikota dihadapan para pimpinan dan manajemen Perusahaan Gas Negara (PGN). Pimpinan PLN, Kamis (14/8) di Hotel Premier dalam Rapat Koordinasi Pemanfaatan Alokasi gas untuk pembangunan PLTGU di KIT.

Hadir dalam kesempatan itu, General Manager PGN  Yosviandri, Manager Area PGN Pekanbaru Wendi Purwanto, serta seluruh jajaran pimpinan PGN Pekanbaru, Kadiv GM PLN M Suryadi Marjoeli, sedangkan Walikota juga didampingi oleh Asisten II  Dedi Gusriadi, serta sejumlah Kepala dinas dan Kepala Bagian.

Walikota menyebutkan, bahwa perkembangan Kota yang semakin besar, serta jumlah penduduk yang semakin bertambah hingga melebihi  satu juta jiwa, dan tingginya tingkat pembangunan kawsan pemukiman  serta gedung-gedung bertingkat memerlukan, sangat berpengaruh kepada tingginya kebutuhan listrik di Pekanbaru saat ini dan untuk masa datang.

"Tingginnya pertumbuhan penduduk dan perkembangan pembangunan kawasan usaha dan pemukiman ini tidak berimbang dengan ketersediaan energy kelistrikan yang ada di Riau atau Pekanbaru pada khususnya. Menurut data yang kita terima, keutuhan listrik di Pekanbaru saat ini sudah mencapai 400 MW, sementara listrik yang tersedia hanya sekitar 200 MW, dan akibatnya kita rasakan seringnya terjadi ganguan listrik di Riau dan Pekanbaru pada khususnya karena kita mengandalkan pasukan interkoneksi dari Palembang atau daerah lainnya," ujar Walikota.

Karena itu menurut Walikota, keberadaan PLTGU yang sedang dibangun saat ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan dan kekurangan tersebut.

"Mari kita bersama-sama mewujudkan tujuan ini dan melakukan percepatan pembangunan pembangkit listrik demi kelansungan Kota Pekanbaru, Riau, dan Indonesia ke depan. Karena ketersediaan listrik, air, telekomunikasi, dan jalan serta infrastruktur lainnya, kebutuhan vital atau urat nadi untuk perkembangan kota Metropolitan," ulas Walikota.

Pemaparan Walikota tersebut disambut antusias oleh jajaran PLN dan PGN, bakan M Suryadi dari PLN  menyampaikan tekad untuk sama-sama dengan Pemko dan perusahaan daerah untuk melakukan percepatan pembangunan untuk mewujudkan cita-cita pemerintah mensejahterakan masyarakat luas.(ram)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »