Jarak Pandang di Kota Pekanbaru Mendadak Hanya 700 Meter

Dibaca: 3022 kali  Kamis,07 November 2019
Jarak Pandang di Kota Pekanbaru Mendadak Hanya 700 Meter
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Jarak pandang di Kota Pekanbaru Kamis (7/11/2019) pagi sempat menurun drastis, hanya 700 Meter saja. Namun kali ini bukan disebabkan oleh kabut asap kebakaran hutan dan lahan, namun karena kabut atau fog.

Hal ini disampaikan oleh Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Gita Dewi Siregar.

Ia menjelaskan, kabut atau fog merupakan partikel basah yang turun ke permukaan bumi. "Hal ini terjadi karena kelembaban udara juga tinggi yakni 98 persen.

Ditambah lagi dilihat dari titik panas yang hanya ada 3 titik di Indragiri Hilir. Jadi ini memang bukan kabut asap seperti beberapa waktu lalu," ujar Gita.

Menurutnya, kabut atau fog biasanya turun dari subuh hingga pagi hari dan selalu membuat jarak pandang di bawah 1 kilometer. Biasanya muncul karena udara dingin.

"Fog merupakan partikel basah seperti uap air. Tidak sama dengan kabut asap hasil Karhutla yang biasanya didominasi partikel kering dan mengakibatkan polusi udara," cakapnya.

Dikatakan Gita lagi, kondisi seperti ini hanya akan berlangsung hingga matahari muncul. "Kalau terkena sinar matahari, biasanya perlahan akan menghilang," pungkasnya.

Untuk suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 - 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 55 - 98 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Selatan - Barat dengan kecepatan 10 - 20 km/jam. Info tinggi gelombang untuk perairan di Provinsi Riau pada umumnya berkisar antara 0.5 - 1.0 meter.(ckc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »