Sambut Hari Raya Enam,

Wako Ziarah Ke Makam Orang Tuanya Ke Bangkinang

Dibaca: 25524 kali  Senin,04 Agustus 2014
Wako Ziarah Ke Makam Orang Tuanya Ke Bangkinang
Ket Foto : Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT bersilaturahmi dan merayakan hari Enam berziarah kekuburan orang tuanya, Senin (4/8/2014).
RADARPEKANBARU.COM - Pada hari raya enam (diperingati meriah oleh masyarakat Kampar, khususnya Bangkinang Seberang),  Walikota Pekanbaru Firdaus MT, didampingi abang kandungnya,  H. Azhar, Tarmizi Muhammad,adik Perempuannya serta keluarga terdekat lainnya melakukan ziarah ke makam kedua orang tuanya.

Walikota dan rombongan yang berangkat dari Pekanbaru Senin (4/8) sekitar pukul 11.00 wib, tiba di tempat tinggal adik Firdaus di kampung Muara Uwai. Rombongan langsung bersilahturami dan dilanjutkan dengan acara makan siang. Menjelang zuhur  Walikota didampingi abang dan adik perempuannya berkunjung ke pemakaman Pesantren Darun Nahdha, TB Muara Uwai,Kabupaten Kampar, tempat Ayah dan Ibu orang nomor satu di Pekanbaru ini di makamkan.

Usai ziarah, wako dan rombongan menggelar sholat berjamaah di Mesjid Pesantren Darun Nahdha. Walikota Firdaus ST MT usai ziarah kepada wartawan mengatakan, ziarah ini tradisi masyarakat Bangkinang, kalau masyarakat umumnya ziarah di lakukan sebelum Idul Fitri.

"khusus Bangkinang Ziarah di lakukan hari raya puasa enam 7 hari setelah Idul Fitri. Ini di gelar  satu kelompok rukun warga ke kelompok rukun warga lainnya," ujar Wako.
 
Menurut Wako ziarah ini selain untuk mendoakan arwah leluhur juga mengingatkan kepada jasa keluarga.

"Ini juga jadi ajang  reuni teman-teman senegri. Umumnya anak-anak rantau Bangkinang akan pulang untuk ziaran dan silahturami," tambahnya.
 
Berdasarkan pengamatan dilapangan pada hari raya enam ini seluruh warga Kampar memeriahkannya dengan saling berkunjung dan bersalam-salaman. Yang uniknya pada acara hari ini warga Kampar berpakaian khusus yang wanita berpakaian baju kurung kaum pria berpakaian muslim dilengkapi kain sarung sebagai ciri khas. Ada berbagai menu yang merupakan makanan khas Kampar disajikan saat hari raya Lemang bambu dan tapai ketan hitam, ada sari kaya dan aneka menu lainnya.(ram)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »