Gubri Minta Karhutla di Jambi dan Sumsel Juga Dipadamkan

Dibaca: 1917 kali  Senin,23 September 2019
Gubri Minta Karhutla di Jambi dan Sumsel Juga Dipadamkan
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Pemerintah pusat diminta memberikan dukungan ke semua wilayah di Sumatra untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Hal itu disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengingat kabut asap di wilayah Riau sebagian besar kiriman dari dua provinsi tetangga ini.

"Bantuan pemerintah pusat yang kami harapkan, pemadaman kebakaran jangan hanya di Riau, tapi Jambi dan Sumatera Selatan juga harus sama melakukan pemadaman," katanya, Ahad (22/9/2019).

Jika hanya Riau saja yang melakukan pemadaman Karhutla, maka asap di Riau tidak akan berkurang. Karena asap akibat Karhutla di dua daerah itu mengarah ke Riau.

"Sekarang secara rill dan objektif, titik api di Riau lebih sedikit dibanding di Jambi dan Sumsel. Tapi tidak bisa kita hindari kabut asap karena arah angin ke Riau," ujarnya.

"Makanya saya mohon dukungan pemerintah agar semua wilayah Sumatera ini, seperti Riau, Jambi dan Sumsel bisa secara bersama-sama dapat dibantu, sehingga api segera padam," harapnya.

Disamping itu, tambah Syamsuar, pemerintah daerah tetap bekerja melakukan pemadaman api sekaligus melakukan pencegahan.

"Terutama daerah yang belum terjadi kebakaran tetap dilakukan penyuluhan-penyuluhan agar masyarakat tidak membakar dalam kondisi kemarau ini," cakapnya.(ckc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »